Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips agar Tubuh Tidak Dehidrasi Saat Puasa

KOMPAS.com – Saat melakukan ibadah puasa pada bulan Ramadan, makan dan minum tidak diperbolehkan selama sekitar 14 jam. Selain pola makan, hal tersebut akan memengaruhi asupan carian dalam tubuh. 

Setiap manusia secara garis besar membutuhkan asupan cairan sebanyak dua liter air dalam sehari. Oleh sebab itu, penting untuk mencukupi kebutuhan asupan cairan agar tidak dehidrasi.

Lantas, bagaimana cara minum air putih yang baik saat berpuasa agar terhindar dari dehidrasi?

Dikutip dari laman Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta di Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (13/3/2024), berikut tips yang bisa dilakukan:

Saat sahur, minumlah dua gelas air putih yang terdiri dari satu gelas setelah bangun tidur, serta satu gelas setelah makan sahur.

Selanjutnya, saat berbuka puasa, minumlah air putih sebanyak dua gelas sedang. Minum saat berbuka puasa dan setelah menyantap hidangan buka puasa. 

Sebelum melaksanakan tarawih, minum lagi satu gelas air putih. Hal yang sama juga dilakukan setelah tarawih. 

Terakhir, sebelum tidur, minumlah dua gelas air putih.

Sementara itu, seorang ahli gizi Rahaf Al Bochi menyampaikan, penting bagi seseorang untuk tetap terhidrasi dengan baik pada jam-jam tidak berpuasa. 

"Hal itu berarti membawa botol air minum jika kamu pergi ke luar untuk beribadah malam hari," tutur Al Bochi, dikutip dari CNN.

Selain air putih, makanan dan minuman lainnya seperti teh, sup, dan buah-buahan yang tinggi kadar air, misalnya semangka, juga bisa membantu memenuhi asupan cairanmu.

https://www.kompas.com/food/read/2024/03/13/144900675/tips-agar-tubuh-tidak-dehidrasi-saat-puasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke