Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Sehat Selama Bulan Puasa, Jangan Makan Berlebihan Saat Berbuka

Kompas.com - 10/03/2024, 15:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber Aljazeera

KOMPAS.com - Umat Muslim seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan.

Persiapan memasuki bulan puasa tidak hanya dari sisi rohani, tetapi juga dari sisi jasmani. Penting untuk mengetahui tips sehat saat bulan puasa supaya tubuh tetap fit.

Tips sehat selama bulan puasa

Umat muslim yang menjalankan ibadah puasa penting untuk menyimak beberapa tips selama bulan puasa dilansir dari laman Al Jazeera berikut:

Baca juga: 7 Aplikasi Resep Makanan untuk Sahur dan Buka Puasa selama Ramadhan 2024

1. Konsumsi makanan bergizi saat sahur

Jangan lewatkan sahur saat bulan puasa supaya tubuh punya tenaga menjalankan aktivitas saat siang hari.

Pilihlah menu sahur yang kaya serat dan protein. Serat merupakan kunci dalam memperlambat pencernaan, dan bisa membuat tubuh merasa kenyang. Sumber serat bisa diperoleh dari kacang-kacangan seperti kacang polong dan buncis.

Ilustrasi makanan sehat. Sejumlah makanan dapat berperan membantu mengatasi gula darah tinggi Anda, seperti gandum, brokoli, ikan, telur, alpukat, dan jeruk.Dok. Shutterstock/Tatjana Baibakova Ilustrasi makanan sehat. Sejumlah makanan dapat berperan membantu mengatasi gula darah tinggi Anda, seperti gandum, brokoli, ikan, telur, alpukat, dan jeruk.

Sementara itu, protein bisa diperoleh dari daging tanpa lemak, ikan, ataupun daging ayam. Mengonsumsi protein yang cukup dapat menghindari rasa lapar saat siang hari.

Tidak hanya itu, karbohidrat juga penting untuk tubuh, tetapi porsinya jangan terlalu banyak. Pasalnya, karbohidrat dapat menyebabkan lonjakan gula dan peningkatan kadar insulin, sehingga dapat membuat tubuh merasa lapar saat siang hari.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi karbohidrat setelah serat dan protein dapat mengurangi lonjakan glukosa serta insulin dalam darah.

Baca juga: Rekomendasi Menu Sahur dan Buka Puasa Ramadhan dari Ahli, Jaga Asupan Nutrisi Tetap Terpenuhi

Serat yang dikonsumsi akan melapisi usus dan bergabung bersama protein. Alhasil, makanan akan bergerak lebih lambat melalui usus dan lebih sedikit glukosa dari sisa makanan yang diserap.

Sehingga, tubuh akan merasa kenyang lebih lama, menahan nafsu makan, dan hormon lebih seimbang.

2. Minum air putih

Beberapa penelitian menunjukan bahwa minum air putih sebelum makan bisa membantu menghindari rasa lapar. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa orang yang minum dua gelas sebelum makan, akan mengonsumsi lebih sedikit makanan.

Minum obat saat puasa bisa dilakukan ketika sahur, berbuka, dan menjelang tidur.SHUTTERSTOCK Minum obat saat puasa bisa dilakukan ketika sahur, berbuka, dan menjelang tidur.

Hal ini menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat meregangkan perut dan mengirimkan sinyal kenyang ke otak.

Maka dari itu minumlah segelas air sebelum dan sesudah makan saat sahur. Serta, hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, karena dapat menambah efek dehidrasi.

3. Takar porsi buka puasa

Usai berpuasa seharian, perut tentu terasa sangat lapar menjelang waktu berbuka puasa. Apalagi melihat banyaknya makanan yang disediakan saat buka puasa.

Ilustrasi menyantap menu buka puasa. Ilustrasi menyantap menu buka puasa.

Tetapi perlu diingat bahwa penting untuk menahan diri supaya tidak menyantap makanan berlebihan.

Halaman:
Sumber Aljazeera


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com