Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid di Yogya Ini Sajikan Beragam Kuliner Nusantara untuk Buka Puasa

Kompas.com - 09/03/2024, 09:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu masjid di Kota Yogyakarta, yaitu Masjid Syuhada, menyediakan buka puasa gratis selama bulan Ramadhan 2024.

Uniknya, menu berbuka yang dihidangkan merupakan kuliner dari berbagai daerah di Indonesia.

Menurut penuturan Koordinator Bidang Takjilan Ramadhan 1445 Hijriah Masjid Syuhada, Kiki Zakiah Nafsi, menu buka puasa bertema kuliner Nusantara ini hadir untuk mengobati kerinduan para mahasiswa di Yogyakarta dengan kuliner daerahnya.

Baca juga: Apakah Boleh Minum Teh untuk Buka Puasa? Ini Penjelasannya...

"Yogya terkenal sebagai kota mahasiswa, jadi kami pakai strategi menu nusantara agar mahasiswa yang rindu masakan di daerahnya, tertarik berbuka puasa, dan ikut kajian di masjid," kata Kiki kepada Kompas.com melalui telepon, Jumat (8/3/2024).

Kiki melanjutkan, menu buka puasa bertema Kuliner Nusantara di Masjid Syuhada, Yogyakarta, merupakan tahun kedua digelar setelah sebelumnya sukses menarik atensi masyarakat pada 2023.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Konsep buka puasa seperti ini, lanjutnya, disambut baik oleh masyarakat setempat. Bahkan, makanan yang disediakan sebanyak 800 porsi pada Ramadhan 2023 masih dirasa kurang.

"Respons masyarakat (pada 2023) ada beberapa hari yang antre karena memang menunya kelihatannya enak. Misalnya tahun lalu itu ada menu sei sapi, nah pada hari itu ramai sekali," katanya.

Siapkan 1.000 porsi per hari

Alhasil, pada 2024 porsi makanan untuk buka puasa yang disediakan setiap hari selama bulan Ramadhan ditambah menjadi 1.000 porsi.

Adapun beberapa kuliner Nusantara yang disediakan seperti Sop Iga, Mi Aceh, Soto Hollywood, Baso Uleg, Nasi Balap Puyung, Garang Asem, Coto Makassar, Ayam Plecing, Bakmi Jawa, Gulai Balak, dan Nasi Jamblang.

Potret buka puasa dengan menu kuliner Nusantara di Masjid Syuhada, Yogyakarta pada Ramadhan 2023.Dokumentasi Masjid Syuhada. Potret buka puasa dengan menu kuliner Nusantara di Masjid Syuhada, Yogyakarta pada Ramadhan 2023.

Kata Kiki, porsi makanan yang disediakan setiap harinya bergantung pada antusias jemaah masjid. Sekiranya antusias jemaah cukup tinggi, maka besar kemungkinan porsi yang disediakan untuk esok hari bertambah.

"Setiap hari kami ada evaluasi, kami akan melihat bagaimana antusias jemaah, apakah menurun atau naik," katanya.

Saat ini, sudah ada menu buka puasa selama 29 hari bulan Ramadhan di Masjid Syuhada. Adapun kurasi menu Nusantara yang disajikan di sini dipilih berdasarkan makanan khas daerah yang sedang populer.

Baca juga: Ramadhan, Masjid UGM Undang Menteri Jadi Penceramah dan Sediakan Buka Puasa Gratis

"Jika mau buka puasa di sini, bisa langsung datang saja, ikut kajian sore di Masjid Syuhada. Sebenarnya tidak harus ikut kajian, cuma kamu akan memprioritaskan jamaah yang ikut kajian sore," katanya.

Kajian sore di Masjid Syuhada, tambahnya, akan digelar sekitar pukul 16.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Alamat lengkapnya di Jalan I Dewa Nyoman Oka Nomor 13, Kotabaru, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com