Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyantap Menu Buka Puasa di Sutasoma Hotel, Banyak Pilihan

Kompas.com - 03/03/2024, 06:37 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber sbs.com.au

JAKARTA, KOMPAS.com - Barisan string lights dan aneka dekorasi berwarna sandy beige, emas, dan coklat terlihat ketika saya melangkah ke dalam ballroom The Tribrata Darmawangsa Jakarta, Jumat (1/3/2024) sore.

Di sisi kiri saya, berjejer sejumlah meja dengan aneka hidangan Timur Tengah dan Indonesia di atasnya. Hidangan tersebut, yang jumlahnya ada 70, merupakan bagian dari promo buka puasa The Kingdom of Quba

Baca juga: Promo Buka Puasa 70 Menu di Hotel Jakarta Selatan, mulai Rp 348.000

Sore itu, menu pertama yang saya santap adalah Shish Kebab. Saya cukup tertarik dengan penampilannya yang sepintas mirip sate, tapi menggunakan tusukan logam dan digantung. 

Ukuran dagingnya pun besar, diselingi potongan paprika merah, paprika hijau, dan bawang bombai. Menu ini disajikan dengan selembar roti pipih.

Shish Kebab yang saya pilih menggunakan daging sapi. Bumbu rempahnya cukup nendang dan sedikit pedas, dagingnya pun empuk. Cocok dimakan bersama roti pipih yang rasanya tawar.

Baca juga:

Makanan manis bernama Om Ali yang disajikan saat acara buka puasa The Kingdom of Quba di The Tribrata Darmawangsa Jakarta di Jakarta Selatan, Jumat (1/3/2024).KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Makanan manis bernama Om Ali yang disajikan saat acara buka puasa The Kingdom of Quba di The Tribrata Darmawangsa Jakarta di Jakarta Selatan, Jumat (1/3/2024).

Jika kurang suka berbuka puasa dengan menu yang berbumbu dan rasanya tajam, kamu bisa mencoba Fattoush Salad, Baba Ghanoush, dan Chickpea Hummus. 

Dihidangkan bersama roti pita, ketiganya bisa dicicipi untuk "menyiapkan" lidah sebelum berlanjut menyantap hidangan kambing yang kaya rempah.

Fattoush Salad terasa asam dan menyegarkan karena terdiri dari beberapa bahan, antara lain selada, tomat, paprika, dan lobak merah. 

Adapun Baba Ghanoush memiliki rasa lebih ke gurih dan sedikit manis, sedangkan Chickpea Hummus memiliki rasa sedikit asam. Konsistensi keduanya hampir sama yaitu lembut dan kental. 

Baca juga: Resep Opor Ayam Belimbing Wuluh, Menu Buka Puasa Istimewa

Bila ingin berbuka puasa dengan menu manis nan hangat, pilihan saya jatuh ke Om Ali atau Umm Ali.

Hidangan penutup khas Mesir ini sesungguhnya adalah puding roti, dengan tambahan susu, potongan badam, dan kismis. 

Teksturnya lembut dan creamy, dipadu dengan renyahnya kacang dan legitnya kismis. Rasanya juga tidak terlalu manis. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com