Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tips Membuat Brownies Kukus Antibantat ala Chef Hotel

Kompas.com - 11/03/2024, 12:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Ada cara membuat brownies kukus ala chef hotel yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Umumnya, chef hotel terutama yang mengerjakan dibidang pastry biasanya menghadapi tantangan untuk mempersembahkan dessert yang enak dan juga bisa meninggalkan pengalaman berkesan.

Brownies kukus ala chef hotel tidak hanya memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang kaya, tetapi juga memiliki tampilan yang menggugah selera.

Ketahui tips membuat brownies kukus ala chef hotel yang bisa kamu ketahui berikut ini.

Baca juga:

 

1. Panaskan air di panci kukusan

Salah satu cara membuat brownies kukus adalah gunakan air yang mendidih di panci kukusan. Executive Pastry Chef dari Hotel Ciputra Jakarta, Anis Kurniawan menyarankan untuk menggunakan air mendidih agar adonan mengembang sempurna.

2. Lapisi tutup panci dengan kain bersih

Saat proses pengukusan berlangsung, penutup kukusan sering kali akan mengumpulkan uap air yang kemudian berubah menjadi tetesan air.

Jika ini terjadi, ada risiko tetesan air tersebut jatuh ke dalam adonan, yang tentunya harus dihindari. Salah satu cara untuk mencegah agar air uap tidak masuk ke dalam adonan adalah dengan membungkus penutup kukusan menggunakan kain serbet.

3. Taburkan sedikit tepung dan mentega

Chef Anis menyarankan agar adonan tidak lengket pada cetakan, lebih baik untuk melapisi adonan dengan mentega cair dan tepung saja.

Hal ini karena adonan brownies kukus cenderung lebih ringan dibandingkan dengan brownies panggang, sehingga tidak memerlukan kertas roti sebagai alas.

Brownies kukus juga lebih mudah untuk dibuka dan dituang dari loyang dibandingkan dengan brownies panggang.

“Ada beberapa orang yang menggunakan alas kertas, itu juga bisa biar lebih mudah. Jadi selera orang juga, tapi lebih simpel pakai mentega cair atau kertas saja" paparnya.

4. Gunakan stabilizer adonan

Secara umum, brownies kukus seharusnya memiliki tekstur yang lembut dan empuk, mirip dengan sponge cake, dan tidak terlalu padat seperti brownies panggang. Penggunaan baking powder bisa menjadi pilihan sebagai stabilisator dalam adonan brownies kukus.

“Tapi ada juga yang pakai baking powder dan soda kue, tapi takarannya satu banding satu, contoh dalam adonan pakai 1 kg tepung baking powder dan soda kuenya masing masing pakai 10 gram,” jelas Chef Anis.

Penggunaan soda kue atau baking powder harus sesuai takaran, agar rasa dari adonan tidak pahit dan teksturnya pas.

5. Atur panas kompor saat mengukus brownies yang stabil

Setelah air dalam panci kukus mendidih, masukkan loyang berisi adonan brownies. Kurangi intensitas api ke tingkat sedang agar brownies tetap lembut dan tidak mengempis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com