Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bersihkan Selada Romaine Sebelum Diolah Jadi Salad

Kompas.com - 17/10/2023, 15:14 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak jenis selada di pasaran seperti romaine, selada bokor, selada keriting, dan selada air. Umumnya, selada dimakan mentah dijadikan lalapan atau bahan salad sayur.

Selada romaine, misalnya, sering dijadikan bahan utama caesar salad. Kunci kelezatan salad ini terletak pada tekstur selada yang renyah, segar, dan tidak pahit.

Menurut Marthastewart.com, daun selada romaine kokoh dan panjang. Tekstur daun selada romaine renyah, rasanya lembut dan manis.

Baca juga:

Biasanya selada romaine diolah dengan cara dicincang tetapi daunnya dapat dibiarkan utuh lalu dipanggang untuk salad klasik.

Saat membeli selada romaine, pastikan mencari daun yang padat dan segar.

Setelah membawa pulang romaine, bilas dan keringkan secara menyeluruh. Lalu, simpan dalam kantong plastik di kulkas agar tahan hingga satu minggu.

Jangan memotong selada romaine jika belum mau diolah demi menjaga kesegarannya.

Sebaiknya, cuci dulu selada romaine dengan benar. Mengutip Eatingwell.com, pastikan sudah cuci tangan sampai bersih sebelum mengolah selada.

Buang daun yang kurang bagus misalnya berlubang atau berwarna kecoklatan. Selanjutnya, cuci selada hingga bersih dengan air mengalir. Dalam hal ini, tidak diperlukan sabun khusus untuk mencuci selada.

Lalu, keringkan selada menggunakan lap bersih atau tisu makan.

Disarankan untuk mengeringkan daun selada dengan dijejer satu per satu untuk memastikan semua bagiannya kering merata dan dalamnya bersih.

Selada romaine pun siap diolah menjadi caesar salad.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com