Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Tingkatkan Cita Rasa Kue Cokelat, dari Aroma hingga Tekstur

Kompas.com - 17/10/2023, 13:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang ingin membuat cake cokelat? Coba simak beberapa penjelasan penting berikut ini, tentang tips membuat kue coklat yang enak dengan rasa dan wangi menggugah selera.

Dilansir dari beberapa sumber, kamu bisa menggunakan beberapa bahan agar cita rasa dari aneka bolu cokelat yang akan kamu buat seperti buatan toko roti.

Baca juga:

1. Tambah kopi

Dilansir dari Food and Wine, kamu bisa menggantikan bahan cair seperti air dengan bubuk kopi yang sudah diseduh. Namun, pastikan kamu menggantikan air dengan kopi tidak lebih dari setengahnya agar rasanya tidak terlalu kuat.

Kamu juga bisa menggunakan campurkan krim dengan kopi dengan takaran yang sama. Aduk hingga tercampur dan tuang ke dalam adonan cake cokelat untuk rasa dan tekstur yang lembut.

2. Tambah dengan bubuk kopi instan pada saus

Selain pada adonan cair, kamu juga bisa menambahkan bubuk kopi instan atau bubuk espresso ke dalam saus cokelat pada bolu.

Cara ini bisa meningkatkan rasa cokelat pada aneka kue coklat yang sedang kamu buat.

Hindari menggunakan kopi yang sudah diseduh dalam saus karena bisa membuat teksturnya semakin encer.

Ilustrasi cokelat.SHUTTERSTOCK/rsooll Ilustrasi cokelat.

3. Gunakan teh hitam instan

Ditambahkan dari laman All Recipes, kamu bisa menggunakan bubuk teh instan untuk meningkatkan rasa cokelat pada aneka kue.

Sama halnya seperti cokelat masak, teh hitam punya rasa pahit dan pekat. Bahan tersebut bisa dicampurkan dengan bahan cair seperti susu untuk mendapatkan cita rasa yang seimbang.

Kamu bisa mengikuti takaran sebanyak 1/4 cangkir bubuk kopi instan yang dicampurkan dengan saus cokelat atau adonan bolu cokelat yang kamu buat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com