Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2022, 21:36 WIB

BATU, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Batu melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu kembali menggelar Festival Sego Empok setelah absen selama dua tahun karena terjadi pandemi Covid-19.

Kegiatan itu digelar di halaman Balai Kota Among Tani Kota Batu pada Kamis (1/12/2022).

Sego Empok merupakan makanan tradisional yang terdiri dari nasi dicampur jagung. Di Jawa Timur, biasanya makanan berat tersebut disajikan bersama sayur nangka, dadar jagung, ikan asin, dan tempe goreng.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu Heru Yulianto mengatakan, festival tersebut diadakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-21 Kota Batu dan HUT PKK Kota Batu.

Baca juga:

Kegiatan itu mengusung tema 'Penganekaragaman Pangan Lokal Dukung Ketahanan Pangan Nasional'.

Dalam kegiatan itu, ribuan sego empok disajikan dan dimakan bersama-sama. Festival itu diadakan untuk melestarikan makanan tradisional khas Indonesia, sekaligus sebagai dukungan di saat krisis pangan dunia saat ini.

"Festival ini kami selenggarakan setiap tahunnya untuk mempromosikan produk pangan lokal kepada generasi muda dan masyarakat agar tetap lestari. Sego empok di Kota Batu sering menjadi makanan yang dicari oleh wisatawan yang berkunjung," kata Heru pada Kamis (1/12/2022).

Festival ini diikuti oleh 26 kelompok yang menyajikan kreasi sego empok. Mereka terdiri dari 24 desa atau kelurahan dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta SMKN 1 Batu.

Hasilnya, dipilih lima sego empok terbaik yaitu dari Desa Beji, Desa Pandanrejo, Desa Sumberejo, Desa Sumbergondo, dan Desa Junrejo.

Baca juga:

Ilustrasi nasi jagung dengan lauk melimpah. Dok. Shutterstock/Mboisker Creative Ilustrasi nasi jagung dengan lauk melimpah.

Kota Batu mempunyai beberapa warung makan sego empok yang kerap menjadi tujuan wisatawan untuk berwisata kuliner. Salah satunya Warung Sego Empok Wakini di Desa Giripurno yang sudah dikenal banyak orang.

Sekretaris Daerah Kota Batu Zadiem Efisiensi mengatakan, sego empok telah menjadi tradisi wajib bagi Pemkot Batu dalam menjamu tamu yang datang dari luar kota.

Hal ini diharapkan dapat menjadi ciri khas Kota Batu karena masih erat dengan makanan tradisional berbahan hasil bumi masyarakat Kota Batu.

"Sego Empok memiliki keseimbangan gizi yang bagus untuk tubuh. Semoga Festival Sego Empok 2022 ini mampu memacu minat masyarakat untuk minat memakan masakan warisan budaya lokal yang bergizi dan bercitarasa," katanya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+