Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Kelola Uaha Makanan Khas Luar Negeri di Indonesia

Kompas.com - 22/08/2022, 17:15 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Industri kuliner yang saat ini berkembang di Indonesia, membuat para pelaku bisnis mencoba berbagai cara kreatif supaya produk yang dijual bisa berbeda dari yang lain.

Selain memasarkan kuliner lokal dengan beragam varian unik, ada juga para pelaku bisnis yang mencoba menghadirkan kuliner luar negeri di Indonesia.

Salah satunya dilakukan oleh pemilik sekaligus pengelola usaha toko kopi otentik Vietnam Bach Coffee Febri.

Sebagai salah satu pelaku bisnis yang bergerak di bidang kuliner luar negeri, Febri mengatakan butuh usaha lebih untuk mengenalkan makanan atau minuman ke lidah masyarakat Indonesia.

Setidaknya ada tiga tips yang diberikan Febri bila kamu ingin memulai usaha kuliner luar negeri di Indonesia.

Baca juga:

1. Kenali produk

Sebelum membawa makanan atau minuman dari luar negeri ke Indonesia, kamu perlu mengenal secara mendalam produk apa yang hendak dipasarkan.

"Pada awalnya orang-orang banyak yang tidak kenal dengan makanan Vietnam, jadi kita jelaskan makanan yang dijual itu seperti apa," kata Febri saat ditemui oleh Kompas.com di gerai Bach Coffee Kuningan City pada Jumat (19/8/2022).

2. Adaptasi rasa

Lidah masyarakat Indonesia umumnya akrab dengan rasa asin yang kuat, sedangkan rasa makanan luar negeri cenderung lebih ringan.

"Dari segi rasa itu paling penting, mungkin bisa dilakukan adaptasi rasa dengan lidah pasar," katanya.

Febri mengatakan bahwa meskipun dilakukan adaptasi rasa ke lidah masyarakat Indonesia, tetapi jangan sampai hal tersebut merubah rasa otentik makanan.

Baca juga:

3. Berani mencoba

Febri mengatakan setiap bisnis yang dikembangkan pasti punya kendala masing-masing, ini tergantung bagaimana seorang pelaku bisnis menghadapinya.

"Paling penting berani mencoba aja, kalau kita mau mencoba meskipun belum terlalu banyak orang yang kenal dengan produk kita, pasti bakal ada jalannya," katanya. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com