Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Bisnis Makanan Sehat Kian Populer di Indonesia?

Kompas.com - 23/11/2021, 18:36 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bisnis healthy food atau makanan sehat kian menjamur di dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Owner dan Founder YellowFit Group Christopher Aldo. Menurutnya, bisnis makanan sehat semakin meningkat pada satu hingga dua tahun belakangan ini.

"Satu dua tahun terakhir market-nya sudah lebih aware, kompetitornya lebih banyak," kata Aldo acara Virtual Conference Knorr Mushroom and Vegetable Seasoning oleh Unilever Food Solutions, Selasa (23/11/2021).

Salah satu penyebab jumlah bisnis makanan sehat semakin meningkat di Indonesia adalah pandemi Covid-19.

Aldo mengatakan, semakin banyak orang yang mulai memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehingga beralih ke makanan sehat.

"Kalau kita bicara tentang tren healthy food, jujur setelah pandemi ini tren healthy food semakin meningkat lagi karena contoh kecilnya saja, mungkin saya yang dulu tidak terlalu aware kesehatan, pada waktu bisnis makanan healthy, saya mulai aware. Kayak makan vitamin, vitamin D, multivitamin, segala macam," jelasnya.

Sebagai seorang pebisnis makanan sehat yang sudah memulai usahanya sejak empat tahun lalu, Aldo menganggap perkembangan ini sebagai hal positif.

Pasalnya, tidak banyak orang yang tertarik dengan makanan sehat dan bisnisnya sebelum sepopuler seperti saat ini.

"Dulu secara market dan kompetitor, sama-sama belum siap. Dalam arti secara market, market-nya masih kecil dan secara kompetitor pun, pelaku bisnis pun masih sangat sedikit," ujar Aldo.

Kompetitor bisnis makanan sehat yang kian bertambah, ia anggap sebagai hal positif untuk meramaikan pasar.

"Artinya ya dalam bisnis kita saingan tetapi ya kalau berjuang sendiri tuh susah makanya perlu ada kompetitor supaya market-nya itu hidup," kata Aldo.

"Healthy food ini industri yang sangat menarik dan ke depannya pasti bisa terus berkembang. Jadi ya saya mengharapkan sih para pebisnis bisa menangkap peluang ini," tutur Aldo.

Baca juga:

ilustrasi healthy food atau makanan sehat. SHUTTERSTOCK/TB studio ilustrasi healthy food atau makanan sehat.

Peluang bisnis makanan sehat di Indonesia

Seorang koki sekaligus pelaku gaya hidup sehat Norman Ismail juga mengatakan hal serupa. Menurut Norman, peluang bisnis makanan sehat di Indonesia terus meningkat dan semakin besar.

"Jadi dengan semakin besarnya peluang bisnis dalam makanan sehat atau healthy food ini, artinya masyarakat Indonesia semakin sadar akan kesehatan tubuh masing-masing," tutur Norman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com