Kompas.com - 19/08/2022, 15:06 WIB

KOMPAS.com - Bolu kukus, salah satu jajanan tradisional yang sering ditemui di pasaran.

Warna-warni cerah dengan bentuk bunga mekar sempurna dari seporsi bolu kukus cocok jadi teman minum teh hangat pada akhir pekan.

Selain rasanya yang enak, cara membuatnya pun termasuk mudah, khususnya bagi kamu yang baru mencoba membuat bolu kukus mekar.

Apabila ingin mencoba membuatnya di rumah, resep bolu kukus mekar selengkapnya dapat dilihat di buku "Kue Tradisional Indonesia, Resep Bakulan: Kue Sabine Laris Manis Dijual" (2022) karya AA Putu Tuti Diantarini terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut. 

Baca juga:

Resep bolu kukus mekar

Bahan bolu kukus mekar:

  • 250 gram tepung terigu
  • 250 gram gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • 3/4 sendok teh sp
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 200 mililiter santan kental
  • Pewarna kuning dan hijau secukupnya

Baca juga:

Cara membuat bolu kukus mekar:

1. Masukkan semua bahan ke dalam wadah berukuran besar lalu aduk menggunakan mikser dengan kecepatan tinggi hingga adonan ringan dan kental.

2. Pisahkan adonan menjadi empat bagian, lalu beri masing-masing bagian dengan pewarna makanan yang berbeda.

Setelah itu aduk masing-masing adonan hingga warna tercampur rata dan masukkan ke dalam plastik segitiga.

3. Tuang adonan warna putih ke dalam cetakan yang sudah diberi alas paper cup hingga setengah bagian cetakan. Setelah itu tuang adonan dengan warna berbeda secara bergantian.

4. Kukus adonan di dalam kukusan yang sudah mendidih selama dua hingga 10 menit.  Angkat dan keluarkan bolu kukus dari cetakan. Sajikan.

Buku "Kue Tradisional Indonesia, Resep Bakulan: Kue Sabine Laris Manis Dijual" (2022) karya AA Putu Tuti Diantarini terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli secara online di Gramedia.com

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.