Kompas.com - 19/08/2022, 12:13 WIB

KOMPAS.com - Beberapa orang lebih suka menggunakan talenan kayu ketimbang yang plastik. 

Dilansir dari laman The Kitchn, talenan kayu tidak mengandung banyak bakteri ketimbang talenan plastik. Walau cara membersihkan talenan kayu tidak semudah talenan plastik. 

Kamu perlu menggunakannya dengan baik. Seperti yang dilansir dalam laman yang sama mengenai cara pakai talenan kayu yang benar agar tidak jadi sarang jamur. 

Baca juga:

1. Jangan tinggalkan talenan di westafel

Setelah mencuci, pastikan talenan ditiriskan dan di tata menjauh dari westafel. Talenan kayu yang berpori bisa menyerap cairan sehingga bisa membuatnya lembab.

Kalau talenan kayu menjadi lembab, hal tersebut bisa menyebabkan talenan mudah retak atau melengkung.

2. Jangan masukkan talenan kayu di mesin pencuci piring

Suhu panas dan air yang ada di dalam mesin pencuci piring bisa saja membuat talenan kayu cepat rusak. Oleh karena itu, hindari mencuci talenan di dalam mesin pencuci piring.

Sebagai gantinya, cuci talenan dengan sabun dan air hangat. Setelah itu keringkan denagn handuk bersih.

Ilustrasi talenan kayu. FREEPIK/LIFEFORSTOCK Ilustrasi talenan kayu.

3. Jangan melapisi talenan kayu dengan minyak

Jangan pernah melapisi kayu dengan minyak tinggi lemak. Kandungan lemak yang tinggi bisa membuat lapisan talenan menjadi bau dan tidak aman untuk digunakan sebagai alat pemotong bahan makanan.

4. Hindari menggunakan baby oil untuk melapisi talenan

Cara pakai talenan kayu yang benar selanjutnya adalah hindari melapisi baby oil. Baiknya, gunakan produk khusus untuk talenan kayu agar tidak merusak teksturnya.

Baca juga:

5. Jangan menggunakan talenan kayu sembarangan

Hindari memotong buah dan daging secara bersamaan di atas talenan kayu dalam waktu yang sama. Hal ini bisa membuat bahan makanan lainnya mengandung lebih banyak bakteri.

6. Selalu cuci talenan dengan air hangat

Pastikan kamu selalu mencuci talenan dengan air hangat dan sabun setiap selesai menggunakannya. Kamu bisa menggunakan potongan lemon dan garam untuk digosok-gosokkan ke seluruh permukaan talenan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Kitchn


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.