Kompas.com - 09/08/2022, 11:31 WIB

KOMPAS.com - Teh yang diracik dari aneka bahan perlu ditakar dan dikelompokkan sesuai dengan fungsinya.  Pengelompokkan bahan-bahan ini disebut juga dengan tea blending triangle.

Fungsi tea blending triangle ini untuk memperoleh komposisi yang seimbang

Ahli teh sekaligus founder Indonesia Tea Institute Ratna Somantri saat kelas Tea Blending pada acara Jakarta Tea Passport menjelaskan ada tiga kelompok bahan yang digambarkan dalam konsep tea blending triangle. 

Tiga kelompok bahan tersebut adalah active, supporting, dan catalyst. Ratna mengatakan bahwa tiga kelompok bahan ini perlu diketahui oleh pemula yang ingin belajar meracik teh.

Baca juga:

1. Bahan active

Bahan active merupakan bahan utama untuk meracik teh, kelompok bahan ini berperan penting dalam penentuan cita rasa teh.

"Bagian active komposisinya paling banyak dan mendominasi dibanding bahan lain, karena akan menjadi base dari tea blend," kata Ratna saat kelas Tea Blending Jakarta Tea Passport pada Sabtu (30/7/2022).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa takaran bahan kelompok active yaitu sekitar 40 hingga 98 persen dari total bahan racikan.

Tiga bahan dasar active yang biasa digunakan di antaranya ada black tea, jasmine tea, dan green tea.

Saat meracik teh, bahan active ialah bahan yang dimasukkan pertama kali, kemudian disusul dengan tambahan dua kelompok bahan lainnya.

Ilustrasi jasmine tea, black tea, dan green tea, kelompok bahan active untuk meracik teh.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Ilustrasi jasmine tea, black tea, dan green tea, kelompok bahan active untuk meracik teh.

Baca juga:

2. Bahan supporting

Kelompok supporting yaitu bahan yang digunakan untuk memberi rasa atau aroma tambahan pada tea blend. Penggunaan bahan supporting juga termasuk banyak dan beragam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.