Kompas.com - 27/06/2022, 11:17 WIB

KOMPAS.com - Menjelang Idul Adha, tidak ada salahnya kalau kamu mempersiapkan beberapa hal terutama mengetahui teknik memasak daging kurban agar hasilnya empuk dan tidak berbau. 

Salah satu metode memasak yang cocok untuk daging dan bisa kamu praktikkan adalah teknik braising. Simak penjelasan seputar apa itu teknik braising dan apakah hanya cocok untuk mengolah daging, berikut ini. 

Baca juga:

Apa itu teknik braising

Dilansir dari laman Taste of Home, braising adalah metode memasak yang menggabungkan teknik panas kering dan teknik panas lembab. Teknik tersebut bertujuan untuk memecah potongan daging keras dalam waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu, teknik braising cocok digunakan untuk mengolah bahan makanan slow cooking.

Pada tahan awal teknik braising, bahan makanan dibakar atau dipanggang hingga mengeluarkan warna kecokelatan. Selteha itu, bahan makanan dibraising atau diberi cairan dengan suhu rendah dalam panci atau oven yang tertutup.

Baca juga:

Teknik memasak ini membuat bahan makanan memiliki tekstur renyah di bagian luar. Pada saat menuangkan bahan cair, kamu bisa menggunakan kaldu, sari buah, atau air.

Rebus bahan makanan termasuk daging dalam waktu berjam-jam hingga lunak dan empuk.

Penambahan cairian berguna agar bahan makanan tidak menyentuh panci secara langsung yang bisa membuatnya gosong kalau dimasak dalam waktu berjam-jam.

Kamu bisa menggunakan air sisa braising untuk saus atau kaldu masakan berkuah.

Ilustrasi daging sapi bagian brisket yang ditutupi lemak. SHUTTERSTOCK/ANDREI LAKHNIUK Ilustrasi daging sapi bagian brisket yang ditutupi lemak.

Ditambahkan dari laman MasterClass, braising cocok untuk mengolah daging sapi. Namun juga cocok untuk mengolah daging ringan seperti daging ayam atau itik.

Namun teknik ini lebih bekerja dengan baik pada potongan daging yang keras seperti daging sandung larut. Pasalnya, braising bekerja dengan cara melunakkan daging, melarutkan kolagen dan jaringan ikat menjadi gelatin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.