Kompas.com - 27/06/2022, 09:33 WIB

KOMPAS.com - Soto seger khas Boyolali memiliki ciri khas kuahnya yang bening dengan pilihan daging sapi maupun daging ayam.

Biasanya disajikan di dalam mangkuk kecil atau sedang berisi nasi, daging, taoge, sohun kemudian disiram dengan kuah kaldu bening.

Hampir setiap daerah di Jawa Tengah memiliki lokasi kuliner soto segar ini. Seperti tujuh tempat makan soto seger terkenal dan legendaris di Solo berikut.

Bisa kamu kunjungi saat berada di kota Solo untuk berwisata, simak penjelasan lengkapnya.

Baca juga:

1. Soto Seger Hj. Fatimah

Soto Seger Hj. Fatimah berlokasi di Jalan Bhayangkara Nomor 72A, Tipes, Kecamatan Serengan. Soto Seger Hj. Fatimah buka setiap hari pukul 06.00 sampai 21.00 WIB.

Soto Seger Hj. Fatimah di Solo ini merupakan cabang dari Boyolali, untuk cabang lainnya terdapat di Jogja, Salatiga, Klaten, dan Magelang.

Soto Seger Hj. Fatimah dalam satu mangkuk sotonya berisi nasi, daging sapi atau daging ayam, taoge, mi sohun, dan irisan daun seledri kemudian disiram kuah bening.

Selain soto, disediakan juga lauk seperti tempe goreng, tahu goreng, perkedel kentang, sate usus, sate telur puyuh, dan bakwan goreng. Harga per porsinya mulai Rp 10.000.

2. Soto Seger Mbak Ronggeng

Soto Seger Mbak Ronggeng berlokasi di Jalan S. Parman, Setabetan, Kecamatan Banjarsari. Soto Seger Mbak Ronggeng buka setiap hari pukul 23.00 sampai 04.00 WIB.

Soto Seger Mbak Ronggeng berada di depan Pasar Legi Solo. Salah satu kuliner malam yang wajib dicoba saat di Solo.

Soto Seger Mbak Ronggeng dalam satu mangkuk sotonya berisi nasi, daging sapi, taoge, potongan seledri, dan bawang goreng kemudian disiram dengan kuah bening.

Kamu bisa memilih ukuran mangkuk yaitu porsi besar atau kecil, dengan harga per mangkuk mulai Rp 10.000.

Sementara untuk lauk ada tahu, tempe mendoan, sate paru, sate usus, dan sate telur puyuh. Harga per lauk mulai Rp 1.000.


3. Soto Kwali Karunia

Soto Kwali Karunia berlokasi di Jalan Letjen S. Parman Nomor 42, Setabelan, Kecamatan Banjarsari. Soto Kwali Kurnia buka setiap hari kecuali Minggu, pukul 06.00 sampai 00.00 WIB.

Soto Kwali Karunia merupakan salah satu soto legendaris di Solo, sudah berdiri sejak 1996.

Soto Kwali Karunia mempunyai menu andalan yaitu soto daging sapi, dalam satu mangkuknya berisi nasi, daging sapi, taoge, irisan daun seledri dan kuah bening, ditambah bawang merah goreng.

Soto Kwali Karunia juga menyediakan lauk pendamping yaitu sate paru, babat, iso, empal goreng, dan gorengan. Harga per menu mulai 10.000 sampai Rp 12.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.