Kompas.com - 28/04/2021, 20:29 WIB
Ilustrasi sambal goreng tempe kering kacang ala Sajian Sedap. DOK. SAJIAN SEDAPIlustrasi sambal goreng tempe kering kacang ala Sajian Sedap.


KOMPAS.com – Teknik memasak yang baik dan benar diperlukan untuk mempertahankan nutrisi dalam bahan makanan. Tak terkecuali dalam proses memasak bahan makanan nabati.

Cara memasak yang salah bisa mengakibatkan nutrisi yang terkandung dalam bahan makanan hilang.

Berbagai manfaat kesehatan yang diharapkan dari mengonsumsi bahan-bahan tersebut pun tidak akan kamu dapatkan.

Lantas, teknik memasak seperti apa yang paling baik dilakukan khususnya untuk bahan berbasis nabati?

Baca juga: Cara Rebus dan Kukus Jagung, Beda Durasi Masaknya

“Proses memasak paling bagus itu dikukus, karena semua nutrisinya enggak keluar,” kata Celebrity Chef Rinrin Marinka dalam acara konferensi pers virtual peluncuran The Vegetarian Butcher, Selasa (27/4/2021).

Proses pengukusan pun tak perlu terlalu lama. Cukup hingga makanan matang saja. Jangan terlalu lama hingga tekstur dan warna makanan berubah jelek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara untuk produk-produk seperti ‘daging’ nabati yang diproduksi The Vegetarian Butcher, kamu bisa mengolahnya dengan cara di-grill atau di-pan fried dengan sedikit minyak.

Baca juga: Resep Burger Tahu Cocok buat Vegan

Ilustrasi sayuran beku ditumis agar rasa lebih enak. SHUTTERSTOCK/ARTCOOKSTUDIO Ilustrasi sayuran beku ditumis agar rasa lebih enak.

“Tapi eksperimental juga. Selama (panasnya) enggak terlalu tinggi sampai gosong gitu ya nutrisi masih menempel kok,” jelas Marinka.

Menggunakan panas api yang terlalu tinggi saat memasak memang jadi salah satu hal yang sebaiknya dihindari, menurut Marinka.

Api yang terlalu besar dan proses memasak yang terlalu lama biasanya akan mengubah warna makanan. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X