Kompas.com - 01/03/2021, 11:39 WIB
Ilustrasi merebus jagung. PIXABAY/ Jason Gillman Ilustrasi merebus jagung.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Jagung bisa dimasak dengan cara direbus atau dikukus. Dua metode tersebut membutuhkan waktu memasak yang berbeda. 

Terutama jika kamu ingin mendapatkan biji jagung yang empuk dan renyah.  

Lantas, bagaimana cara merebus dan mengukus jagung dengan benar? Serta, berapa lama durasi memasaknya?

Berikut uraiannya seperti dilansir dari laman Healthline dan The Kitchen.

 Baca juga: Sejarah Jagung di Indonesia, Kini jadi Makanan Pokok

Cara merebus jagung 

Ilustrassi jagung di dalam panci. UNSPLASH/MOHD HAFIZ YAHYA Ilustrassi jagung di dalam panci.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Waktu merebus jagung utuh tergantung dari kesegaran dan kulitnya. Jagung manis segar bisa direbus sekitar 5 sampai 10 menit. 

Semakin segar jagungnya, semakin sedikit pula waktu yang dibutuhkan untuk merebusnya. Pasalnya, jagung manis segar lebih tinggi kadar airnya. 

Baca juga: 3 Cara Pilih Jagung Manis Kualitas Baik, Perhatikan Kulit dan Rumbainya 

Faktor lain yang menentukan durasi perebusan ialah apakah jagung sudah dikupas atau belum. Jagung yang direbus bersama kulitnya akan memakan waktu lebih lama. 

Didihkan air selama lima menit, lalu beri satu sendok garam. Masukkan jagung utuh yang belum dikupas, rebus selama 10 menit. 

Sebelum disajikan atau dikupas, sebaiknya jagung didinginkan terlebih dulu. Atau, kamu bisa menggunakan penjepit untuk memegangnya.  

Baca juga: Resep Bubur Jagung buat Sarapan, Rasanya Manis Gurih

Sementara, jagung yang sudah dikupas bisa direbus selama dua sampai lima menit saja. Waktu perebusan bisa berbeda tergantung kesegaran dan kemanisan jagung.

Untuk jagung pipil, sebaiknya direndam terlebih dulu sebelum direbus. Proses perendaman ini dapat membuat jagung lebih empuk dan cepat matang.  

Selanjutnya, rebus jagung pipil dengan menggunakan api sedang atau kecil selama empat menit. Jika ingin lebih lembut, jagung pipil bisa direbus selama enam menit.

Baca juga: 3 Cara Pipil Biji Jagung Tanpa Alat Mahal, Bekal Bikin Bakwan

Tanda jika jagung sudah matang ialah warnanya yang mulai menguning dan transparan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X