Kompas.com - 26/05/2022, 12:13 WIB

KOMPAS.com - Keripik tempe super renyah menjadi favoritnya banyak orang. Kalau punya tempe dalam jumlah banyak, tidak ada salahnya untuk mengolahnya menjadi keripik. 

Ada penjelasan mengenai cara membuat keripik tempe super renyah yang bisa kamu ikuti. Pasalnya, keripik tempe yang gagal yang hasilnya lembek, menyerap minyak, dan keras. 

Ketahui cara bikin keripik tempe dilansir dari beberapa sumber berikut ini. 

Baca juga:

1. Gunakan campuran dua jenis tepung 

Cara membuat keripik tempe agar renyah yang pertama adalah gunakan campuran dua jenis tepung. Kamu bisa menggunakan tepung beras dan tepung sagu untuk menghasilkan keripik tempe super renyah. 

Takaran penggunaan tepung sagu disarankan lebih sedikit dibanding tepung beras. Kamu bisa menggunakan takaran sekitar 300 gram tepung beras dan 50 gram tepung sagu untuk mengolah 600 gram tempe. 

2. Cara balut tempe dengan tepung 

Dilansir dari buku "Camilan Serba Kriuuukk (Bisnis Laris Manis)" (2014) oleh Sufi S.Yahyono terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, balut tempe yang sudah diiris tipis satu per satu ke dalam adonan tepung. 

Hal tersebut agar adonan tepung menempel merata pada sisi tempe. 

Baca juga:

3. Cara goreng keripik tempe

Ada cara menggoreng keripik tempe yang benar yaitu pastikan tempe yang sudah dibalut dengan tepung masuk ke dalam minyak agar matangnya merata. 

Kalau tempe sudah matang, kecilkan api dan lanjutkan proses goreng temep hingga kering dan rata matangnya.

4. Panggang dalam oven

Dalam buku "Kue-Kue Indonesia: 165 Resep Penganan Populer Nusantara" (2015) oleh Yasa Boga terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, setelah keripik tempe digoreng, panggang dalam oven selama 10 menit dengan suhu 100 derajat celsius agar kering dan tahan lama. 

buku "Camilan Serba Kriuuukk (Bisnis Laris Manis)" (2014) oleh Sufi S.Yahyono terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

buku "Kue-Kue Indonesia: 165 Resep Penganan Populer Nusantara" (2015) oleh Yasa Boga terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.