Kompas.com - 20/05/2022, 11:11 WIB

KOMPAS.com - Kamu termasuk orang yang sering memanggang roti tawar untuk sarapan? Kalau begitu, simak sederet cara membersihkan pemanggang roti yang benar agar tidak cepat rusak dan noda yang menempel hilang. 

Dilansir dari buku "Aneka Tip Seputar Dapur" (2017) oleh Srikandi Waluyo dan A. Rahartati Bambang Haryo terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, menjelaskan beberapa tips membersihkan toaster agar tidak sembarangan.

Baca juga: Apa Itu Thermomix, Alat Masak Seharga Motor yang Dipakai Peserta MasterChef?

1. Gosok dengan air soda 

Ada cara membuat panggangan roti berkilau kembali, caranya adalah dengan menggosoknya dengan air yang sudah dicampur dengan soda bubuk. 

Gosok secara perlahan dengan menggunakan spons agar tidak menimbulkan goresan. 

Baca juga: 5 Beda Ayam Panggang dan Ayam Bakar, dari Tekstur sampai Alat Masaknya

2. Gunakan cairan perbesih kuteks 

Kalau alat pemanggang roti di rumahmu memiliki noda plastik leleh disetiap sisinya, kamu bisa menghilangkannya dengan cairan pembersih kuteks. 

3. Cara bersihkan toaster dari noda gosong 

Selain noda dari plastik leleh, noda gosong juga biasa menempel pada sisi alat pemanggang roti. 

Cara menghilangkannya adalah gosokkan lap yang sudah dibasahi dengan air sabun dan bubuhi dengan pembersih. Gosok hingga noda hilang dan lap dengan kain basah sampai hilang sempurna. 

Kamu juga bisa menggunakan sisa sabun cuci piring untuk membersihkan alat pemanggang roti. 

Baca juga: 8 Alat Menata Sajian di Atas Piring dan Fungsinya

Buku "Aneka Tip Seputar Dapur" (2017) oleh Srikandi Waluyo dan A. Rahartati Bambang Haryo terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.