Kompas.com - 18/05/2022, 08:06 WIB

KOMPAS.com - Perhatikan saat barista menyiapkan secangkir kopi di sebuah kafe, kamu tentu pernah melihat tumpukan biji kopi yang disimpan di bagian atas mesin.

Biasanya biji kopi akan digiling sesaat sebelum disajikan supaya rasa dan aromanya masih tetap terjaga.

Penyimpanan biji kopi di dalam mesin kopi tentu bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan supaya menjaga kualitas biji kopi tetap terjaga dan terhindar dari hal-hal yang merusak kesegaran biji kopi. 

Dikutip dari laman Eatthis,  ada empat hal yang berpengaruh terhadap kualitas biji kopi, yakni udara, kelembapan, panas, dan cahaya matahari.

Menghindari turunnya kualitas biji kopi, cara simpannya pun harus benar. Simak empat tips menyimpan biji kopi berikut ini.

Baca juga:

1. Jangan gunakan wadah bening

Biji kopi bersifat peka dengan hawa panas, terutama panas dari paparan sinar matahari langsung.

Penggunaan wadah dengan bagian dinding berwarna transparan sebaiknya dihindari supaya tidak ada cahaya dan panas matahari yang menembus ke dalam wadah.

Kamu bisa menggunakan wadah kedap udara dengan bagian sisi buram atau tidak tembus pandang untuk menyimpan kopi. 

2. Simpan di suhu kamar

Sebaiknya simpan biji kopi di ruangan yang gelap dan sejuk, serta hindari menyimpan biji kopi di tempat yang hangat seperti di dekat oven.

Perlu diperhatikan, meskipun kopi sudah disimpan di dalam ruangan suhu kamar, penting untuk memeriksa kembali apakah ada celah cahaya yang akan merambat lurus ke arah wadah kopi.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.