Kompas.com - 23/12/2021, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia yang banyak diminati di dalam dan luar negeri.

Ada dua jenis kopi Indonesia yang paling umum dikonsumsi, yaitu robusta dan arabika.

Menurut Ketua Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) Daryanto Witarsa, kopi robusta lebih banyak diproduksi dibandingkan dengan kopi arabika.

"70-80 persen adalah robusta dan bukan specialty coffee. Itu adalah kopi komersil yang dipakai untuk kopi instan," kata Daryanto dalam acara Press Conference SCAI COE di Journey To The South, Kemang pada Rabu (22/12/2021).

Daryanto menuturkan, kopi robusta dan arabika memiliki pasar dan harga yang berbeda.

Robusta banyak digunakan untuk membuat kopi instan, sementara arabika sering ditemui sebagai speciality coffee di kedai kopi.

"Kalau arabika ikut New York price, robusta ikut London price. Jadi harganya sangat berbeda," tutur Daryanto.

Selain penggunaan dan harga yang berbeda, ketimpangan jumlah produksi dua jenis kopi ini juga dipengaruhi oleh tempat atau lokasi tanamnya.

Daryanto mengatakan, membutuhkan dataran tinggi untuk bisa menanam kopi arabika berkualitas baik.

"Dataran tinggi itu pasti lebih banyak kopi-kopi arabika, dataran rendah itu banyak robusta," ucap Daryanto.

Baca juga:

Menurutnya, bibit kopi arabika dapat ditanam di ketinggian 1200-1300 meter di atas permukaan laut, sementara robusta bisa diproduksi di tanah dengan ketinggian 600-800 meter di atas permukaan laut.

"Jadi benar-benar harus mencari gunung tinggi sekali, apalagi sekarang dengan produktivitas rendah di Indonesia kan pertanian bukan kopi doang," kata Daryanto.

Pegunungan tinggi banyak ditemukan di daerah Jawa, sementara menurut Daryanto, daerah Sumatera, seperti Sumatera Selatan, Lampung, dan Palembang tidak mempunyai banyak gunung tinggi sehingga produksi kopi yang dihasilkan kebanyakan berupa robusta.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.