Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermain River Tubing dan Santap Lejong di Desa Golo Loni, Manggarai Timur

Kompas.com - 07/05/2022, 16:08 WIB
Markus Makur,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com - Obyek wisata River Tubing di Daerah Aliran Sungai Wae Dingin, Desa Golo Loni, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

Ada penyajian makanan khas Manggarai bagi wisatawan berupa lejong yang terdiri minuman kopi dengan ubi jalar, keladi, dan singkong.

Penyajian lejong bagi orang Manggarai, menganut frasa lokal toe tombo sokol, toe tura tuda yang artinya utang tidak dibicarakan, tidak bicarakan besarnya pinjaman. Seseorang dianggap sebagai tamu istimewa saat disajikan lejong. 

Baca juga:

Penyajian lejong menggunakan alas daun pisang supaya mengurangi pemakaian plastik.

Sementara bumbunya pendamping umbi-umbian adalah cabai dan daun serai yang dibakar.

Wisatawan juga dapat menikmati ikan bakar selesai menjalani river tubing. Aneka sajian ini jadi penghangat tubuh usai bermain arum jeram.

Hidangan ikan bakar disuguhkan warga Golo Loni ubtuk wisatawan yang berkunjung di River Tubing, DAS Wae Dingin, Desa Golo Loni, Kec. Ranamese, Kab. Manggarai Timur, NTT, Rabu, (4/5/2022). (KOMPAS.com/KADES GOLO LONIKOMPAS.com/DOK KADES GOLO LONI Hidangan ikan bakar disuguhkan warga Golo Loni ubtuk wisatawan yang berkunjung di River Tubing, DAS Wae Dingin, Desa Golo Loni, Kec. Ranamese, Kab. Manggarai Timur, NTT, Rabu, (4/5/2022). (KOMPAS.com/KADES GOLO LONI
 
Pengalaman ini juga dirasakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Timur, Bonifasius Hasudungan bersama keluarga saat menikmati liburan panjang dengan berwisata di kawasan River Tubing, Desa Golo Loni, Rabu, (4/5/2022).

Bersama dengan wisatawan domestik dari Kota Ruteng, Ibukota Kabupaten Manggarai berwisata arum jeram di Daerah Aliran Sungai (DAS) Wae Dingin.

Baca juga: River Tubing di Manggarai Timur NTT, Rasakan Sejuknya Air dan Alam Asri

Wisata di Desa Golo Loni

River Tubing di Daerah Aliran Sungai (DAS) Wae Dingin, Desa Golo Loni, Kec. Ranamese, Kab. Manggarai Timur, NTT, Selasa, (3/5/2022). (KOMPAS.com/DOK DISPAR.MATIM-ALBERTUS JEHAMIN)KOMPAS.com/DOK DISPAR MATIM-ALBERTUS JEHAMIN River Tubing di Daerah Aliran Sungai (DAS) Wae Dingin, Desa Golo Loni, Kec. Ranamese, Kab. Manggarai Timur, NTT, Selasa, (3/5/2022). (KOMPAS.com/DOK DISPAR.MATIM-ALBERTUS JEHAMIN)

Hasudungan, menjelaskan, libur lebaran bertepatan menjadi rekor baru jumlah tamu terbanyak di Desa Golo Loni.

Ada 31 orang wisatawan yang berkunjung untuk menikmati indahnya area persawahan, mencoba river tubing, dan makan siang dengan makanan lokal. Menunya olahan ikan air tawar dari kolam desa setempat.

"Desa wisata Golo Loni sangat indah. Unik dengan pemandangan alamnya serta dihibur oleh suara-suara Burung Endemik Flores. Letaknya juga tak jauh dari jalan raya Transflores Ruteng-Borong," jelasnya.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com