Kompas.com - 30/01/2022, 21:07 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Mencuci piring memang terlihat. Sayangnya ada beberapa hal yang justru membuat piring bau amis, salah satunya ada sisa minyak misalnya karena ada sisa minyak. 

Meski begitu kamu tak perlu khawatir sebab hal ini bisa diatasi. Bahkan bisa memakai beberapa bahan yang ada di dapur. 

Baca juga:

Berikut cara menghilangkan bau amis pada piring yang melansir dari beberapa sumber.

Ilustrasi daun kemangi segar. SHUTTERSTOCK/ Evy Alisha Ilustrasi daun kemangi segar.

1. Kemangi 

Melansir "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher, daun kemangi dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis pada piring. 

Cara menggunakannya pun terbilang mudah. Cukup remas daun kemangi lalu masukkan ke air bersih untuk membilas piring. 

Jika baunya belum hilang, rendam piring ke dalam air kemangi selama 15-20 menit lalu keringkan. 

Baca juga:

2. Lemon dan garam 

Cara menghilangkan bau amis pada piring bisa memakai lemon dan garam, seperti dikutip dari Times of India. Caranya, cukup potong dua sampai tiga lemon lalu bagi menjadi dua. 

Kemudian, ambil semangkuk garam lalu gosok ke piring atau peralatan makan lainnya. Diamkan selama 15-20 menit kemudian cuci dan bilas seperti biasa. 

Baca juga:

3. Cuka putih 

Cuka putih dapat dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai benda di rumah. Namun, hati-hati, tidak semua benda dapat dibersihkan menggunakan cuka.SHUTTERSTOCK/ANDRIANA SYVANYCH Cuka putih dapat dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai benda di rumah. Namun, hati-hati, tidak semua benda dapat dibersihkan menggunakan cuka.

Cuka putih memiliki banyak kegunaan, salah satunya untuk menghilangkan bau tak amis di piring.

Untuk menggunakannya, didihkan air lalu beri cuka secukupnya kemudian gunakan untuk membilas piring. Kemudian, bilas kembali dengan air bersih dan keringkan.

Baca juga:

Sebelum menerapkan tiga cara di atas, kamu perlu membuang sisa makanan yang ada di piringnya. Terlebih jika makanan tersebut terlalu berminyak. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.