Kompas.com - 17/09/2020, 10:20 WIB
Ilustrasi orang sedang membersihkan tempat cuci piring stainless steel. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVIlustrasi orang sedang membersihkan tempat cuci piring stainless steel.

KOMPAS.com – Area di dapur yang sering pula dipakai untuk bekerja adalah wastafel atau tempat cuci piring yang biasanya berbahan stainless steel.

Baca juga: 8 Cara Bersihkan Kerak Oven, Lakukan 3 Bulan Sekali

Tempat cuci piring ini sering kontak dengan kotoran sisa dapur seperti lemak, oleh karena itu kebersihannya harus selalu dijaga.

Setidaknya tempat cuci piring stainless steel dibersihkan seminggu sekali agar kotoran tidak menempel dan tempat cuci kembali mengilap.

Melansir Real Simple dan RD, untuk tempat cuci piring dapat dibersihkan tanpa bahan kimia yang keras.

Ganti pembersih dengan soda kue, lemon, dan sebotol cuka putih dan ikuti langkahnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alat yang dibutuhkan

  • Sabun cuci piring yang lembut
  • Spons lembut
  • Sikat gigi bekas
  • Bubuk soda kue
  • lemon
  • cuka putih
  • Minyak zaitun (opsional)

bak cuci piringPIXABAY/SAMUELMWANGATI bak cuci piring

Langkah membersihkan tempat cuci piring

1. Kosongkan tempat cuci piring dari semua piring dan sisa makanan. Bersihkan saringan dari semua sisa makanan. Lalu siram dengan air panas secara menyeluruh.

2. Campurkan air hangat dengan sedikit sabun cuci piring di dalam mangkuk. Celupkan spons lembut (hindari sikat scrub yang dapat menggores permukaan) ke dalam larutan dan gosok seluruh tempat cuci piring, termasuk dindingnya.

3. Jika saluran pembuangan kotor, ambil sikat gigi bekas, celupkan ke dalam larutan sabun. Gunakan untuk menggosok penutup saluran logam.

4. Jika larutan ini tidak berhasil, inilah saatnya untuk memasukkan bahan abrasif ringan: soda kue.

Soda kue akan menggosok permukaan wastafel, tetapi masih dianggap cukup lembut untuk digunakan pada baja tahan karat dan porselen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X