Kompas.com - 08/09/2020, 15:41 WIB
Ilustrasi oven yang harus rutin dibersihkan tiap 3-6 bulan sekali. PIXABAY/MIKE GATTORNAIlustrasi oven yang harus rutin dibersihkan tiap 3-6 bulan sekali.

KOMPAS.com - Rutin membuat kue akan meninggalkan bekas noda pada oven. Walaupun tak dapat dihindari, tapi kamu bisa membersihkannya secara rutin. 

Baca juga: Cara Bersihkan Dispenser Air, dari Bagian Luar sampai Dalam

Melansir Realsimpe.com, oven minimal dibersihkan secara menyeluruh (deep clean) 3 sampai 6 bulan sekali. Bisa lebih sering daripada itu apabila oven sering digunakan. Sementara itu, bersihkan noda kecil tiap kali usai dipakai.

Oven bersih memengaruhi rasa makanan dan menghindarkan kuman masuk ke makanan. Berikut 8 cara membersihkan oven dikutip dari Dailymail.co.uk.

1. Bikin bahan pembersih sendiri

Ilustrasi Baking Soda dan Baking PowderShutterstock Ilustrasi Baking Soda dan Baking Powder

Tidak mempunyai cairan khusus pembersih oven pun tak masalah. Kamu dapat membuat pembersih oven dengan mencampurkan baking soda dan cuka putih.

Reaksi cuka dengan baking soda menghasilkan busa lembut (foam).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gosokkan campuran tersebut pada area oven yang kotor dan biarkan selama 30 menit supaya bereaksi maksimal. Setelah itu, kotoran akan mudah diangkat. Cukup usap dengan kain.

2. Rendam rak oven dalam cairan pembersih

Rak oven menjadi komponen penting yang tak boleh luput untuk dijaga kebersihannya.

Keluarkan rak oven, masukkan ke dalam plastik klip besar, tuang atau semprot cairan pembersih oven, tutup plastik, dan diamkan.

Setelah 30 menit, ambil rak dari plastik klip. Cuci dengan air hangat dan gunakan abu gosok atau bahan gosok lainnya untuk membersihkan sisa noda makanan gosong.

3. Pakai sikat gigi bekas

Sikat gigi bekas masih layak pakai menjadi alat pembersih oven yang efektif. Ujung kepalanya yang fleksibel memudahkan kamu untuk membersihkan area yang sulit dijangkau.

Sikat gigi elektrik juga bisa dipakai membersihkan oven karena getarannya membantu melonggarkan sisa makanan yang terbakar.

4. Bersihkan pintu oven pakai alat pembersih kaca

Pintu kaca oven menjadi bagian yang sering cepat kotor. Tak perlu khawatir. Bersihkan saja dengan alat pembersih kaca yang efektif menghilangkan noda membandel.

Lebih baik lagi kalau pintu oven dapat dilepas, maka rendam dalam pembersih oven dan air hangat. Setelah itu bersihkan sisa makanan yang menempel.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.