3 Tips Masak Galbi, Iga Panggang ala Korea agar Lebih Mantap

Kompas.com - 16/09/2020, 22:02 WIB
KOREAN BBQ BEEF RIBS dari NOVOTEL Jakarta Mangga Dua Square dok. NOVOTEL Jakarta Mangga Dua SquareKOREAN BBQ BEEF RIBS dari NOVOTEL Jakarta Mangga Dua Square

KOMPAS.com - Gemar menyantap makanan Korea? Pasti tak asing dengan makanan bernama galbi. Makanan Korea ini adalah daging iga sapi panggang dengan bumbu manis gurih.

Baca juga: Resep Korean BBQ Ribs, Kulineran ala Drama Korea

Cara membuat galbi terbilang tak begitu rumit, tetapi kamu harus meluangkan waktu lebih banyak untuk membuat sajian ini. Sebab waktu yang dibutuhkan bisa lebih dari 1 jam agar bumbu galbi menyerap.

Pekan lalu #MasakdiRumahAja menampilkan resep Korean BBQ Ribs atau galbi. Kompas.com  bersama Executive Chef Novotel and Ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square, Adhi Firdaus, menampilkan demo masak melalui Live Instagram @kompas.travel.

Kalau kamu tak sempat menyaksikan sesi ini jangan khawatir, di bawah ini sudah tercantum tips memasak dari Chef Adhi.

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat memasak galbi. Mulai dari pemilihan daging hingga pemakaian bumbu. Berikut beberapa tips memasak galbi dari Chef Adhi:

1. Memilih daging

Galbi biasanya terbuat dari daging sapi bagian short ribs. Namun kalau kamu ingin menikmati galbi dengan daging yang lebih tebal bisa penggunakan potongan iga sapi.

Baca juga: Resep Kimchi Mudah ala Rumahan, Bikin Sendiri Makanan ala Drama Korea

“Kalau aslinya dari Korea pakai short ribs, potongannya pendek-pendek lalu dimarinasi kemudian dibakar dan dipotong-potong dan dimakan,” papar Chef Adhi kepada Kompas.com, Senin (14/9/2020).

Ia juga mengatakan jika resep membuat galbi tak terikat dengan daging yang digunakan. Namun demikian kamu perlu memerhatikan kualitas daging yang hendak dimasak.

Sebab dengan kualitas daging yang baik akan menimbulkan rasa masakan yang nikmat.

2. Pengganti bahan bumbu galbi

Bumbu galbi dibuat dengan beberapa bahan seperti soy sauce, bawang putih, cuka putih, minyak wijen, corn syrup, dan masih banyak lagi. Bahan-bahan yang digunakan bisa diganti dengan bahan lain yang rasanya sama.

Baca juga: 3 Tips Masak Kimchi Ramyun Jadi Enak, Mirip di Drama Korea

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X