Kompas.com - 09/02/2021, 14:37 WIB
Ilustrasi mencuci sayuran. Dok. Shutterstock/Morakod1977Ilustrasi mencuci sayuran.

KOMPAS.com - Penting untuk mengetahui cara cuci sayur untuk salad. Terlebih, kalau kamu akan menggunakan sayuran hijau seperti daun selada, selada air, bayam, atau kale.

Mencuci sayuran sebelum dikonsumsi mentah sangatlah penting dilakukan agar sayuran bebas dari kuman dan kotoran.

Berikut cara cuci dan keringkan sayuran hijau untuk salad.

Baca juga: Cara Cuci Brokoli agar Ulat Hilang, Siap Santap Mentah Maupun Masak

1. Rendam dalam air dingin

Dilansir dari MasterClass, siapkan wadah besar dengan air dingin. Potong bagian batang dan buang daun terluar dari daun selada atau daun yang berlubang dari sayuran hijau lainnya.

Biarkan sayuran di dalam air selama dua sampai tiga menit. Merendam sayuran hijau di dalam air bisa membuat kotoran dan pasir mengendam di dasar wadah.

Kalau sayuran hijau masih berpasir, ganti airnya dan rendam dengan air dingin. Angkat sayuran dan tiriskan di saringan atau wadah berlubang kecil.

2. Gunakan salad spinner

Ilustrasi salad spinner untuk bersihkan jamur. SHUTTERSTOCK/PHILIPIMAGE Ilustrasi salad spinner untuk bersihkan jamur.

Menurut The Kitchn, ada cara cuci sayuran hijau untuk salad yang efektif membersihkan sayur dari kotoran dan pasir yang menempel.

Gunakan salad spinner, alat pemintal sayuran yang bisa kamu beli di e-commerce. Menggunakan alat ini, kamu hanya perlu waktu 15 hingga 20 menit untuk membersihkan sayuran.

Isi keranjang salad spinner dengan sayuran yang sudah dipotong bagian batangnya. Tutup alat pemintal salad agar airnya tidak memercik kemana-mana.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.