Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bersihkan Tempat Cuci Piring Stainless Steel agar Mengilap Kembali

Kompas.com - 17/09/2020, 10:20 WIB
Nine Fridayani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Area di dapur yang sering pula dipakai untuk bekerja adalah wastafel atau tempat cuci piring yang biasanya berbahan stainless steel.

Baca juga: 8 Cara Bersihkan Kerak Oven, Lakukan 3 Bulan Sekali

Tempat cuci piring ini sering kontak dengan kotoran sisa dapur seperti lemak, oleh karena itu kebersihannya harus selalu dijaga.

Setidaknya tempat cuci piring stainless steel dibersihkan seminggu sekali agar kotoran tidak menempel dan tempat cuci kembali mengilap.

Melansir Real Simple dan RD, untuk tempat cuci piring dapat dibersihkan tanpa bahan kimia yang keras.

Ganti pembersih dengan soda kue, lemon, dan sebotol cuka putih dan ikuti langkahnya.

Alat yang dibutuhkan

  • Sabun cuci piring yang lembut
  • Spons lembut
  • Sikat gigi bekas
  • Bubuk soda kue
  • lemon
  • cuka putih
  • Minyak zaitun (opsional)

bak cuci piringPIXABAY/SAMUELMWANGATI bak cuci piring

Langkah membersihkan tempat cuci piring

1. Kosongkan tempat cuci piring dari semua piring dan sisa makanan. Bersihkan saringan dari semua sisa makanan. Lalu siram dengan air panas secara menyeluruh.

2. Campurkan air hangat dengan sedikit sabun cuci piring di dalam mangkuk. Celupkan spons lembut (hindari sikat scrub yang dapat menggores permukaan) ke dalam larutan dan gosok seluruh tempat cuci piring, termasuk dindingnya.

3. Jika saluran pembuangan kotor, ambil sikat gigi bekas, celupkan ke dalam larutan sabun. Gunakan untuk menggosok penutup saluran logam.

4. Jika larutan ini tidak berhasil, inilah saatnya untuk memasukkan bahan abrasif ringan: soda kue.

Soda kue akan menggosok permukaan wastafel, tetapi masih dianggap cukup lembut untuk digunakan pada baja tahan karat dan porselen.

Taburkan soda kue ke seluruh permukaan wastafel. Kemudian, gunakan spons atau kain lembut (untuk menghindari goresan), gosok soda kue dengan gerakan melingkar, mengikuti alur bak cuci stainless steel.

Ilustrasi orang sedang menggosok tempat cuci piring. SHUTTERSTOCK/POP PAUL-CATALIN Ilustrasi orang sedang menggosok tempat cuci piring.

5. Lanjutkan menggosok seluruh permukaan tempat cuci piring, termasuk dindingnya, untuk menghilangkan residu dan noda.

Setelah selesai menggosok, siram dengan cuka putih, yang akan menyebabkan soda kue bergelembung dan membuatnya lebih mudah untuk dibilas ke saluran pembuangan. Bilas tempat cuci piring dengan air.

6. Jika noda membandel tetap ada, taburkan sedikit garam meja ke area yang bernoda. Potong lemon menjadi dua dan gunakan sisi yang sudah dipotong untuk menggosok noda dengan garam. Setelah selesai menggosok, bilas tempat cuci piring keseluruhan.

7. Untuk jeruk nipis: Jika ada bintik-bintik putih kapur berkapur di tempat cuci piring, celupkan kain atau handuk kertas ke dalam cuka putih, kemudian biarkan di tempat tersebut selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air.

8. Terakhir, poles wastafel stainlees steel dengan cara tambahkan setetes minyak zaitun ke kain lembut. Gosokkan minyak ke permukaan wastafel, lalu seka sisa minyak yang berlebih dengan kain bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com