Kompas.com - 17/12/2021, 14:06 WIB

KOMPAS.com - Tongseng dan tengkleng merupakan kuliner khas Solo, Jawa Tengah. Meskipun sama-sama sajian sup daging berbumbu, namun kedua kuliner ini punya banyak perbedaan. 

Chef Traveling Wira Hardiyansyah menjelaskan perbedaan antara tongseng dan tengkleng kepada Kompas.com saat ditemui di Dapur Foodplace, Selasa (14/12/2021), seperti berikut: 

1. Bumbu kuah tongseng dan tengkleng

Bumbu yang digunakan untuk membuat tongseng sama dengan bumbu untuk membuat gulai, hanya bedanya tongseng diberi tambahan kecap.

Baca juga:

Meskipun bumbu yang digunakan sama dengan gulai, tetapi tidak semua tongseng menggunakan santan saat dimasak layaknya gulai.

"Ini tentatif, tidak semua daerah menggunakan santan. Ada yang menggunakan air, ada yang menggunakan santan, jadi tergantung daerahnya," katanya.

Sementara bumbu tengkleng lebih kompleks dan banyak daripada tongseng. Lebih kurang ada 20 bumbu dan rempah yang dimasukkan dalam rebusan tengkleng. 

Ilustrasi tongseng sapi. Dok. Shutterstock/Aris Setya Ilustrasi tongseng sapi.

2. Isian tongseng dan tengkleng

Tongseng terdiri dari campuran daging dan sayur seperti kubis dan tomat.

Sementara tengkleng tidak menggunakan sayuran. Isian tengkleng terdiri dari olahan tulang, jeroan, dan limpa.

"Kalau daging dibikin tongseng, nah tulangnya baru dibuat tengkleng," jelas Wira. 

Baca juga:

3. Cara membuat tongseng dan tengkleng 

Terdapat beragam istilah memasak di Jawa, di antaranya ada oseng dan gongso. Salah satu masakan yang diolah dengan cara di-oseng disampaikan Wira adalah tongseng.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.