Kompas.com - 14/12/2021, 17:33 WIB
ilustrasi bakso dan es teh yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan. SHUTTERSTOCK/Kiki Nadiailustrasi bakso dan es teh yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan.

KOMPAS.com - Ada beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan. Salah satunya adalah bakso dan teh.

Anjuran untuk tidak mengonsumsi bakso dan teh bersamaan karena kandungan gizi pada keduanya.

Menurut Diajeng Anjalna Gakusha A.Md. Gz, ahli gizi sekaligus founder Ruang Gizi Indonesia, beberapa zat gizi yang harus dihindari untuk dimakan berbareng adalah kafein, tanin, dan zat besi. Dua di antara zat gizi itu terdapat di dalam bakso dan teh. 

"Bakso itu tinggi protein dan zat besi, sedangkan di teh itu ada zat gizi yang namanya tanin," kata Diajeng dalam Live Instagram Gedor @my.foodplace, Jumat (10/12/2021).

Mengutip Live Strong, zat besi merupakan zat gizi yang berfungsi untuk membantu menyebarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Bahan makanan yang mengandung zat besi tinggi tidak boleh dikonsumsi sembarangan untuk memaksimalkan fungsinya.

Beberapa bahan makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama dengan makanan tinggi zat besi adalah susu atau produk tinggi kalsium, kopi, teh kakao, makanan kaya serat, dan kacang-kacangan.

"Tanin itu akan menghambat penyerapan zat besi itu tadi. Makanya kenapa kita dianjurkan saat makan protein itu menghindari konsumsi teh," jelas Diajeng.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.