Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Bakso President Malang, Tempat Makan Bakso Sejak 1977

Kompas.com - 17/11/2021, 21:19 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kalau sedang berkunjung ke Malang, kurang lengkap rasanya kalau belum mencicipi kuliner legendarisnya. Salah satu, tempat makan legendaris di Malang yang bisa kamu kunjungi adalah Bakso President Malang.

Bakso President Malang merupakan salah satu usaha bakso malang yang cukup terkenal. Salah satu daya tariknya adalah lokasinya yang berada di depan rel kereta api.

Mengulik lebih jauh seputar usaha bakso malang terkenal yang satu ini. Simak penjelasan dari sejarah hingga menu andalan berikut ini.

Baca juga:

 

Semangkuk sajian Bakso President Malang, bakso, tahu, gorengan, dan siomay. SHUTTERSTOCK/RANDY IMANUEL Semangkuk sajian Bakso President Malang, bakso, tahu, gorengan, dan siomay.

Sejarah Bakso President Malang

Melalui sambungan via telepon, M. Ali Wahdani selaku penanggung jawab Bakso President Malang menceritakan sejarah usaha malang terkenal yang satu ini.

“Usaha bakso ini dirintis oleh Almarhum Abah Sugito pada tahun 1970an. Jadi, abah itu perantauan dari Gunung Kawi sementara umi dari Ponorogo. Keduanya sama-sama orang nggak punya, jadi untuk menyamung hidup di Malang ya dengan berjualan. Salah satunya jualan bakso.” Jelasnya kepada Kompas.com pada Selasa (16/11/2021).

Awalnya, Almarhum Abah Sugito menjajakan bakso dengan cara dipikul mengelilingi daerah di Malang. Hingga pada akhirnya, usaha bakso pikulan kian laris manis sampai bisa membeli gerobak dorong.

Baca juga:

Tidak hanya sampai berjualan di gerobak dorong, penjualan bakso malang yang makin laris membuat Almarhum Abah Sugito mendirikan sebuah bangunan di pinggir rel.

“Jadi dari dulu sampai sekarang, lokasinya nggak jauh dari di pinggi rel situ. Ya, di daerah dekat bioskop president.” jelasnya.

Berada dekat di bioskop president membuat nama usaha bakso malang yang semula bernama bakso manalagi berubah menjadi bakso president.

“Dulu itu nama usahanya bakso Manalagi, karena lokasinya dekat sama bioskop president. Kebiasaan orang itu kan kalau mengingat nama restoran itu kadang dilihatnya dekatnya sama apa gitu kan. Nah karena itu dipanggilnya jadi, bakso president.” paparnya.

Lokasinya yang berada dekat dengan rel kereta api membuat nama usaha bakso malang yang satu ini kian terkenal.

“Itu memang salah satu yang jadi daya tarik. Alhamdulillahnya sampai hari ini tidak ada apa-apa. Orang-orang sudah terbiasa kalau ada kereta yang mau lewat. Ada yang teriak gitu…kereta api…kereta api…” ujar Ali kepada Kompas.com.

Baca juga: 10 Tempat Kuliner Malam di Malang, Siap Menemani Begadang

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com