Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Bikin Kuah Bakso Malang yang Sedap dan Gurih

Kompas.com - 17/11/2021, 19:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Bakso malang cocok disajikan untuk menu makan menghangatkan di kala hujan turun. Isian dari semangkuk bakso malang juga cukup melimpah, seperti bakso halus dan aneka gorengan yang mengenyangkan.

Cara membuat bakso malang di rumah tidak sulit. Terutama untuk membuat kuah baksonya.

Dihubungi oleh Kompas.com pada Selasa (16/11/2021), M. Ali Wahdani selaku penanggung jawab Bakso President Malang membagikan tips membuat kuah bakso malang yang sedap dan gurih.

Baca juga:

1. Penggunaan bahan yang berkualitas

Ilustrasi bakso malang.DOK.SHUTTERSTOCK/Ariyani Tedjo Ilustrasi bakso malang.

Dalam penuturannya, Ali menyampaikan kalau untuk membuat kuah bakso malang tidak perlu menggunakan bahan rahasia biar rasanya sedap dan gurih.

“Sebenarnya kalau mau membuat kuah bakso malang yang enak itu tidak perlu rahasia. Pada dasarnya semua orang tau bahan-bahannya seperti apa. Namun, di kita selalu menekankan untuk menggunakan bahan berkualitas yang masih fresh.” ujar Ali.

Penggunaan bahan yang masih fresh tentu sangat disarankan saat membuat kuah bakso yang enak.

Menurut Ali, penggunaan bahan untuk bumbu seperti bawang putih, daun bawang, dan bumbu lainnya harus dipastikan masih dalam keadaan segar dan baik saat akan digunakan.

2. Gunakan kaldu sumsum

Ali mengungkapkan kalau banyak orang pada umumnya, menggunakan lemak sapi untuk membuat kuah bakso.

Namun di usaha baksonya, ia menggunakan kaldu sumsum sebagai bahan dasar sekaligus penyedap untuk membuat kuah bakso malang.

“Kalau orang lain biasanya pakai gajih itu ya, tapi kalau di kita pakai kaldu sumsum biar sedap. Tapi ya tidak hanya itu saja, masih juga dicampur dengan air rebusan bakso.” jelasnya.

Ali juga menambahkan, menggunakan air rebusan bakso ke dalam kaldu sumsum untuk membuat kuah bakso malang.

3. Tambahkan bumbu halus

Penggunaan bumbu halus juga turut menentukan kelezatan pada semangkuk kuah bakso malang. Menurut Ali, bumbu halus yang digunakan untuk membuat bakso malang adalah bawang putih, garam, dan bumbu penyedap.

“Kalau untuk bumbu halus, saya yakin semuanya juga sama. Ada bawang putih, garam, dan penyedap yang dicampur jadi satu untuk bikin kuah.” tuturnya.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com