Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Tempat Kuliner Legendaris di Malang Raya, Ada yang Berusia Hampir 100 Tahun

Kompas.com - 03/12/2020, 17:36 WIB
Nine Fridayani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Malang Raya mempunyai beragam kuliner legendaris yang harus dikunjungi saat ke sini. Beberapa tempat kuliner legendaris Malang tersebut bahkan ada yang berusia hampir 100 tahun.

Di bawah ini setidaknya 20 tempat kuliner legendaris di Malan Raya. Tetap patuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan rajin cuci tangan.

Baca juga: 10 Oleh-Oleh Khas Malang, Olahan Apel sampai Bakso Frozen

1. Soto Ayam Lombok

Tempat kulineran Malang ini menjual sajian soto kampung khas Malang. Pertama kali buka pada 1955 berlokasi di Jalan Lombok No. 1, Kasin, Kota Malang.

Sampai saat ini, sudah ada banyak cabangnya yang bisa dijumpai di kota ini. Harga soto khas Malang di kedai Soto Lombok dihargai mulai dari Rp 25.000.

2. Pos Ketan Legenda

Ketan Susu Keju Meises, menu favorit pengunjung di Pos Ketan Legenda, BatuKOMPAS.com/Mentari Chairunisa Ketan Susu Keju Meises, menu favorit pengunjung di Pos Ketan Legenda, Batu

Mau kulineran yang agak ringan? Bisa melipir ke kota Batu. Ada Pos Ketan Legenda 1967 yang sudah sangat terkenal menu ketan dengan aneka toppingnya, dari durian, meses, keju, nangka, pisang, susu, gula merah dan masih banyak lagi.

Harga ketan legenda mulai dari Rp 8.000, sesuai dengan topping. Tempatnya berada di Alun-Alun Kota Wisata Batu, Jalan Kartini No. 6, Ngaglik, Batu. Saat malam hari, tempat ini selalu ramai jadi siap-siap mengantre, ya.

3. Puthu Lanang

Warung puthu legendaris Lanang sudah ada sejak tahun 1935. Di sini kamu bisa mendapatkan aneka jajanan pasar, tidak hanya puthu ada pula cenil, lupis dan klepon yang terkenal enak.

Tidak heran jika tempat ini selalu banyak pembelinya. Kisaran harga kue Phutu Lanang yaitu Rp 10.000. Letaknya berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gang Buntu RT 03, Samaan, Klojen, Malang.

4. Depot Hok Lay

Makanan di Depot Hokyalu, cwie mie, lumpia, es fasco.Kompas.com/Silvita Agmasari Makanan di Depot Hokyalu, cwie mie, lumpia, es fasco.

Kamu bisa mencicip menu khas Depot Hok Lay berupa Pangsit Cwimie yang berisi pangsit renyah, daging ayam, bawang goreng dan daun bawang.

Sebagai camilan yang terkenal enak di sini adalah lumpia. Untuk hidangan pangsit cwimie dihargai Rp 15.000. Lokasinya berada di pusat kota Malang, Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 10, Klojen.

Baca juga: 5 Kuliner Malam di Malang, Pemadam Kelaparan Saat Tengah Malam

5. Depot Bug Matira

Hidangan ciri khas di depot ini adalah Nasi Bug Madura. Awalnya makanan tersebut diciptakan oleh orang-orang Madura yang tinggal di Malang.

Isi dari nasi bug Madura terdiri dari nasi dengan aneka lauk, yaitu serundeng, babat, paru, jantung, empal, ayam, sayur lodeh atau rebung, telur bumbu Bali dan tahu.

Harganya mulai dari RP 30.000 per porsi. Lokasinya di Jalan Trunojoyo 10E/F Kota Malang.

6. Sego Resek

Sego resek punya hidangan nasi dengan racikan bumbu tradisional kaya rasa. Proses memasaknya masih tradisional pula yaitu dimasak di atas arang.

Nasi berbumbu kemudian dibuat menjadi aneka menu masakan nasi goreng dan nasi mawut yang jadi andalannya.

Harganya mulai dari Rp 8.000, kamu bisa mampir ke Jalan Brigjen Katamso No.4, Kauman, Klojen, Kota Malang.

7. Rujak Cingur Bude Ruk

Sudah ada sejak tahun 1960 dan sudah tidak asing untuk jadi tempat kulineran bagi warga lokal dan pendatang.

Untuk menu andalannya sudah pasti adalah rujak cingur yang juga jadi salah satu kuliner khas Jawa Timur.

Untuk mencicip rujak cingur Bude Ruk yang ada di Jalan Soeroeji No. 17 Gang 1, Kepanjen, Malang, siapkan uang mulai dari Rp 15.000.

8. Warung Sate Gebug

Sate gebug di Malang.Kompas.com/Silvita Agmasari Sate gebug di Malang.
Sejak 1920 kira-kira sudah hampir berusia 100 tahun, Warung Sate Gebug tetap eksis sebagai tempat kuliner di Malang.

Selain itu, tempat jualannya juga unik tertelatak di sebuah gardu listrik jaman dulu. Di Jalan Basuki Rachmat No. 113A, Kota Malang.

Rasa sate gebug atau sate daging di tempat ini memang punya rasa yang nikmat, dagingnya lembut dengan bumbu yang kaya rasa.

Jelas saja karena mereka selalu menggunakan daging berkualitas terbaik, bagian sirloin. Harga sate gebug dibanderol sekitar Rp 25.000 hingga Rp 30.000.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com