Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Manfaat Tofu untuk Kesehatan, Salah Satunya Kurangi Resiko Kanker

Kompas.com - 07/12/2021, 21:03 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Tofu terkenal kaya akan manfaat. Tidak hanya rasanya yang enak dan cocok sebagai cemilan, tofu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tofu dapat menjadi sumber protein nabati yang baik untuk tubuh. Melansir laman Heatline, simak beberapa manfaat makan tofu untuk kesehatan tubuh:

Baca juga:

1. Tofu mengurangi risiko penyakit jantung

Makanan berbahan dasar kedelai seperti tofu dapat membantu meningkatkan kesehatan. Salah satunya yaitu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Para ilmuan menemukan kandungan isoflavon yang terkandung dalam kedelai dapat mengurangi peradangan pembuluh darah dan meningkatkan elastisitasnya.

Isoflavon merupakan senyawa tumbuhan alami yang terkandung dalam kedelai. Dalam 100 gram tofu, terdapat 20,2-24,7 miligram isovlafon.

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi 80 miligram isoflavon per hari selama 12 minggu dapat meningkatkan aliran darah sebesar 68 persen pada orang yang berisiko terkena stroke.

Tofu juga mengandung saponini, yaitu senyawa yang dianggap dapat memiliki efek perlindungan pada kesehatan jantung. 

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa saponin dapat meningkatkan kolesterol darah dan meningkatkan pembuangan asam empedu.

Kedua hal tersebut dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Tofu mengurangi risiko kanker

Bahan makanan berbahan dasar kedelai seperti tofu dapat melindungi tubuh dari kanker payudara, pencernaan, dan prostat. Seperti penjelasan berikut. 

Kanker payudara

ilustrasi tofu laksa. SHUTTERSTOCK/Ronnie Chua ilustrasi tofu laksa.

Penelitian menunjukkan, wanita yang mengonsumsi kedelai setidaknya sekali seminggu memiliki risiko 48-56 persen lebih rendah terkena kanker payudara.

Perlindungan ini diperkirakan berasal dari isoflavon. Isoflavon juga telah terbukti baik untuk siklus menstruasi dan kadar estrogen darah.

Tofu dianjurkan untuk dikonsumsi sejak masa kanak-kanak dan remaja agar dapat memberikan perlindungan yang lebih optimal. 

Namun, bukan berarti khasiat kedelai dalam tofu tidak bekerja dengan baik untuk orang yang sudah dewasa dan lanjut usia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com