Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2021, 13:09 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki sajian soto yang unik dan berbeda. Salah satunya yaitu soto lenthok khas Yogyakarta. 

Sekilas soto lenthok ini mirip seperti soto ayam kebanyakan. Kuahnya bening dan berisi soun, suwiran ayam, potongan tomat, serta sayur kol.

Kendati demikian sebetulnya soto lenthok berbeda dengan soto lainnya. Berikut ciri khas soto lenthok yang perlu diketahui agar tak bingung saat membelinya. 

Baca juga:

Ilustrasi soto lenthok dengan satu mangkuk lenthok di sampingnya. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi soto lenthok dengan satu mangkuk lenthok di sampingnya.

1. Memakai lenthok

Sesuai dengan namanya, soto lenthok menggunakan pelengkap lenthok dalam sajiannya. Lenthok sendiri adalah perkedel yang terbuat dari singkong. 

Cara memasaknya yakni direbus, dihaluskan, lalu digoreng hingga garing. 

"Ciri khasnya itu ya ada di lenthok itu. Nah lenthoknya itu aslinya dari ketela, nanti ada campuran sedikit dari kanji tapi itu untuk pelekatnya saja," ujar Sarman, pemilik Soto Ayam Lumayan Kang Sarman.

 

Baca juga:

Berbeda dengan pedangan soto lenthok kebanyakan, di warung Soto Ayam Lumayan Kang Sarman, lenthok yang dihidangkan ada dua macam.

Pilihannya yaitu lenthok bulat dengan tekstur mirip perkedel, serta lenthok goreng yang tampilannya seperti bakso goreng. 

Ilustrasi soto lenthok khas Yogyakarta dengan lauk pendampingnya. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi soto lenthok khas Yogyakarta dengan lauk pendampingnya.

2. Ada tambahan daun kemangi 

Ciri khas soto lenthok juga ada pada tambahan daun kemangi sebagai pelengkapnya. Menurut Sarman, daun kemangi memiliki aroma yang khas sehingga cocok disantap dengan soto. 

Namun sayangnya saat ini tak banyak penjual soto lenthok yang memakai kemangi. Sebab, harganya terkadang mahal.

"Sebetulnya kalau kemangi itu rasanya gimana yo, rasanya itu wangi, kalau daun-daun lainnya itu yang pas dimasukkin ke soto itu enggak ada," terang Sarman.

 

Baca juga:

Dari segi kuah dan isian soto lenthok mirip dengan soto ayam kebanyakan. Lauk pendampingnya pun juga sama, aneka sate, tempe goreng tepung, dan kerupuk. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com