Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2021, 10:06 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Lenthok umum digunakan sebagai pelengkap soto  khas Yogyakarta. Sajian ini sebetulnya mirip dengan perkedel, tapi bahan pembuatannya singkong atau ketela.

Cara membuat lenthok sangat sederhana. Namun pengolahannya singkongnya harus tepat agar setelah matang lenthok tidak keras.

Baca juga:

Sarman, pemilik Soto Ayam Lumayan Kang Sarman kepada Kompas.com menjelaskan cara mengolah singkong untuk bikin lenthok. Berikut penuturannya.

1. Rebus terlebih dulu

Ilustrasi proses mengukus singkong. SHUTTERSTOCK/ Vectordidak Ilustrasi proses mengukus singkong.

Langkah pertama membuat lenthok yakni merebus singkongnya. Namun sebelumnya, singkong harus sudah dicuci dan dikupas kulitnya.

Proses perebusan dapat dilakukan sampai singkong matang dan empuk, durasinya sekitar 60 menit atau tergantung besar singkongnya. 

Baca juga:

2. Tumbuk atau haluskan

Singkong yang sudah matang, bisa langsung dihaluskan. Cara menghaluskannya yakni dengan ditumbuk.

Demi alasan kepraktisan, beberapa orang memilih untuk menggilingnya.

Sayangnya cara ini tak dianjurkan karena dapat membuat tekstur singkong terlalu lembut, sehingga kurang bagus jika dipakai untuk membuat lenthok.

"Itu dari ketela dikupas, nanti terus direbus, kalau sudah empuk nanti dijojo, ditumbuk. Kalau pakai gilingan bisa tapi enggak bagus, jadinya terlalu lembut banget. Saya pernah ngiling tapi enggak bisa, enggak jadi, makanya tetap manual itu," jelas Sarman.

Ilustrasi soto lenthok dengan satu mangkuk lenthok di sampingnya. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi soto lenthok dengan satu mangkuk lenthok di sampingnya.

3. Beri bumbu dan tepung kanji

Saat menumbuk, kamu dapat menambah bumbu halus pada singkongnya. Bumbu yang digunakan yaitu bumbu soto atau bumbu dari bawang putih, kemiri, dan ketumbar.

Baca juga:

Selain itu, kamu perlu menambahkan sedikit tepung kanji supaya lenthoknya tidak pecah saat digoreng.

"Pas dijojo itu dicampur sama tepung kanjinya, sama bumbunya," terang Sarman.

"Itu sebetulnya bumbunya persi sama bumbu soto, bumbunya sudah kuning itu,” tambahnya.

Kemudian, bentuk adonan yang jadi lalu dibentuk menjadi bulatan. Selanjutnya, diamkan adonan beberapa jam kemudian goreng dengan minyak panas.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com