Kompas.com - 17/11/2021, 19:38 WIB
ilustrasi makanan bergizi untuk penderita diabetes. SHUTTERSTOCK/Oleksandra Naumenkoilustrasi makanan bergizi untuk penderita diabetes.

KOMPAS.com - Mengatur pola makan sehat merupakan salah satu bentuk perilaku hidup yang dianjurkan bagi penderita diabetes.

Menurut buku "Pedoman Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2" (2019) oleh Tim Penyusun Buku Pedoman Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia 2019 terbitan PT Perkeni, pola makan penderita diabetes hampir sama dengan pola makan pada umumnya.

Baik aturan makan umum maupun bagi penderita diabetes, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi dan kalori setiap orang.

Hanya saja, penderita diabetes harus benar-benar mengetahui jenis, jumlah, dan jadwal makanannya. Terlebih bagi penderita diabetes yang mengonsumsi obat untuk meningkatkan sekresi insulin.

Penderita diabetes dianjurkan untuk makan sebanyak tiga kali sehari dan bisa ditambah dengan makanan selingan untuk memenuhi kebutuhan kalori harian.

Buku "Pedoman Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2" menjelaskan lebih lanjut seputar komposisi makanan yang dianjurkan bagi penderita diabetes, seperti berikut ini.

Baca juga:

1. Konsumsi karbohidrat lebih dari 130 gram per hari

Penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat berserat tinggi sebanyak 45-60 persen dari total asupan energi harian.

Namun, persentase tersebut bukan menjadi satu-satunya patokan jumlah karbohidrat yang harus dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Sebab, total persentase karbohidrat harian dianjurkan untuk tidak kurang dari 130 gram.

Penderita diabetes juga tidak diizinkan untuk mengonsumsi sukrosa atau gula disakarida lebih dari lima persen dari asupan energi harian.

Baca juga: Resep Salad Sayur Sehat untuk Diet, Sausnya Tanpa Krim

2. Hindari bahan makanan berlemak tinggi

Selanjutnya, penderita diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi.

Asupan lemak yang disarankan untuk penderita diabetes tidak boleh lebih dari 30 persen total asupan energi, melainkan hanya 20-25 persen.

Beberapa bahan makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans tinggi yang sebaiknya dihindari adalah daging berlemak dan susu full cream.

Baca juga: Resep Milkshake Edamame, Minuman Sehat Rasa Mirip Es Krim

Ilustrasi berbagai bahan makanan yang mengandung protein.SHUTTERSTOCK Ilustrasi berbagai bahan makanan yang mengandung protein.

3. Perhatikan asupan protein 

Penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa bahan makanan sumber protein, dan menghindari sebagian lainnnya.

Bahan makanan sumber protein yang disarankan untuk penderita diabetes adalah daging tanpa lemak, udang, cumi, kacang-kacangan, produk susu tanpa lemak, tahu, dan tempe.

Sementara bahan makanan yang mengandung saturated fatty acid (SAFA) berupa daging sapi, daging kambing, dan produk olahan hewani, sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.

Baca juga: Resep Cantik Manis Kacang Hijau, Kue Tradisional Sehat yang Enak

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.