Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Terapkan Pola Makan Sehat untuk Penderita Diabetes

KOMPAS.com - Mengatur pola makan sehat merupakan salah satu bentuk perilaku hidup yang dianjurkan bagi penderita diabetes.

Menurut buku "Pedoman Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2" (2019) oleh Tim Penyusun Buku Pedoman Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia 2019 terbitan PT Perkeni, pola makan penderita diabetes hampir sama dengan pola makan pada umumnya.

Baik aturan makan umum maupun bagi penderita diabetes, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi dan kalori setiap orang.

Hanya saja, penderita diabetes harus benar-benar mengetahui jenis, jumlah, dan jadwal makanannya. Terlebih bagi penderita diabetes yang mengonsumsi obat untuk meningkatkan sekresi insulin.

Penderita diabetes dianjurkan untuk makan sebanyak tiga kali sehari dan bisa ditambah dengan makanan selingan untuk memenuhi kebutuhan kalori harian.

Buku "Pedoman Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2" menjelaskan lebih lanjut seputar komposisi makanan yang dianjurkan bagi penderita diabetes, seperti berikut ini.

  • Cara Konsumsi Biji Buah Jamblang, Bermanfaat untuk Diabetes
  • 7 Cara Makan Fast Food agar Tetap Sehat, Perhatikan Batas Konsumsinya

1. Konsumsi karbohidrat lebih dari 130 gram per hari

Penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat berserat tinggi sebanyak 45-60 persen dari total asupan energi harian.

Namun, persentase tersebut bukan menjadi satu-satunya patokan jumlah karbohidrat yang harus dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Sebab, total persentase karbohidrat harian dianjurkan untuk tidak kurang dari 130 gram.

Penderita diabetes juga tidak diizinkan untuk mengonsumsi sukrosa atau gula disakarida lebih dari lima persen dari asupan energi harian.

2. Hindari bahan makanan berlemak tinggi

Selanjutnya, penderita diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi.

Asupan lemak yang disarankan untuk penderita diabetes tidak boleh lebih dari 30 persen total asupan energi, melainkan hanya 20-25 persen.

Beberapa bahan makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans tinggi yang sebaiknya dihindari adalah daging berlemak dan susu full cream.

3. Perhatikan asupan protein 

Penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa bahan makanan sumber protein, dan menghindari sebagian lainnnya.

Bahan makanan sumber protein yang disarankan untuk penderita diabetes adalah daging tanpa lemak, udang, cumi, kacang-kacangan, produk susu tanpa lemak, tahu, dan tempe.

Sementara bahan makanan yang mengandung saturated fatty acid (SAFA) berupa daging sapi, daging kambing, dan produk olahan hewani, sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.

4. Konsumsi serat 14 gram per 1000 kal

Penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi sumber karbohidrat tinggi serat seperti kacang-kacangan, buah, dan sayur.

Jumlah konsumsi serat yang disarankan bagi penderita diabetes adalah sebanyak 14 gram per 1000 kal atau 20-35 gram per hari.

5. Batasi jumlah natrium

Jumlah natrium yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes sama dengan jumlah natrium untuk orang sehat pada umumnya, yaitu sebanyak 1500 miligram per hari.

Namun, para penderita diabetes yang juga menyandang penyakit hipertensi, dianjurkan untuk mengurangi konsumsi jumlah natrium.

Beberapa bahan makanan dan minuman tinggi natrium yang bisa dihindari adalah garam dapur, monosodium glutamat, soda, dan bahan pengawet.

https://www.kompas.com/food/read/2021/11/17/193800875/5-cara-terapkan-pola-makan-sehat-untuk-penderita-diabetes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke