Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Wali Kota Malang Buka Kafe di Kebun Durian 

Kompas.com - 01/11/2021, 17:22 WIB
Silvita Agmasari

Editor

KOMPAS.com - Mantan Wali Kota Malang, Abah Anton, membuka usaha Kafe Abudancio dan kebun durian di Desa Petungsewu, Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Saat ini kebun duriannya berbuah lebat dan mejadi daya tarik pengunjung. 

"Saya memilih memadukan kebun durian dengan kafe karena saya suka durian. Masyarakat suka dengan konsep seperti ini," jelas Abah Anton dikutip dari SuryaMalang.com, Rabu (27/10/2021). 

Baca juga:

Ia bercerita sejak awal memiliki tanah perkebunan seluas empat hektar. Awalnya, Abah Anton membuat perkebunan jeruk. Namun, beralih menjadi kebun durian sekitar 10 tahun lalu. 

Baru lima tahun belakangan kebun durian tersebut berbuah, tetapi Abah Anton tidak menjual durian tersebut. Buah durian diberikan pada teman dan kolega. 

Semakin hari, kian banyak yang ingin membeli durian dari kebunnya. Akhirnya Abah Anton memutuskan untuk membuka usaha kafe. 

Aneka jenis durian ada di kebunnya seperti durian bawor, matahari, montong lokal, kunir, dan lainnya. Total ada sekitr 400 pohon durian di kebun Abah Anton. 

Durian matahari Kompas.com/ Ari Himawan Durian matahari

Banyak pengunjung kafe yang berfoto dengan latar pohon durian yang berbuah.

Selain itu, di bagian belakang kafe, pengunjung bisa membeli dan menikmati durian langsung. Abah Anton sendiri yang memilihkan durian untuk pengunjung. 

"Karena suka durian, saya tahu bagaimana memilih durian yang pas," jelasnya.

Setelah pengunjung mencicipi durian yang sudah dipilihkan, durian bisa langsung dibayar di kasir. Harga durian paling mahal di kafe ini Rp 150.000 per buah. 

Baca juga:

Selain durian, kafe Abah Anton juga menjual aneka makanan dengan harga paling mahal Rp 20.000. 

Saat ini sejumlah warga Petungsewu juga menitipkan durian hasil tanam mereka ke kafe Abah Anton.

Kafe Abudancio buka setiap hari, tutup pukul 20.00 WIB. Abah Anton setiap hari berkunjung ke kafenya untuk melayani pengunjung yang ia akui menjadi kesenangan tersendiri baginya. 

Baca juga:

Artikel ini telah tayang di SuryaMalang.com dengan judul Ide Bisnis Mantan Wali Kota Malang Abah Anton, Padukan Kafe dan Kebun Durian, https://suryamalang.tribunnews.com/2021/10/27/ide-bisnis-mantan-wali-kota-malang-abah-anton-padukan-kafe-dan-kebun-durian?page=4.

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: isy

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com