Kompas.com - 01/03/2021, 19:09 WIB
Musim durian memasuki masa puncak di Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta pada awal Februari 2021 ini. Pembelinya datang dari Kulon Progo hingga luar daerah. KOMPAS.COM/DANI JULIUSMusim durian memasuki masa puncak di Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta pada awal Februari 2021 ini. Pembelinya datang dari Kulon Progo hingga luar daerah.

KOMPAS.com - Mengupas buah durian memang bukan pekerjaan mudah, apalagi jika tidak terbiasa. Kulit durian yang tajam dapat membuat tangan terluka apabila tidak berhati-hati.

Namun, ada cara mengupas kulit durian dengan cepat. Tips ini diberikan oleh penjual durian di Alun-alun Serang, Banten, yaitu Dede pada Kompas.com Rabu (1/4/2020).

Berikut cara kupas durian dengan cepat dari profesional:

Baca juga: Cara Hilangkan Bau Durian dari Tangan dan Mulut, Ada Penawarnya Sendiri

1. Siapkan alat untuk mengupas durian

Siapkan pisang tajam dan berujung runcing dan sarung tangan untuk memegang buah durian.

Tak lupa siapan kardus atau kain agar durian tidak menggelinding.

2. Perhatikan urat durian

Pada bagian bawah durian terdapat urat buah, yakni garis-garis memanjang yang menjadi satu.

Dede memberi saran, untuk sedikit memiringkan buah durian agar titik urat dapat dengan mudah dijangkau pisau.

Pegang durian pada kulitnya, jangan batang karena durian mudah tergelincir jika dipegang pada bagian batang. Lagi pula, durian matang kebanyakan batangnya sudah putus.  

Baca juga: Resep Ketan Durian Lumer, Cara Pas untuk Nikmati Durian

Tancapkan ujung pisau pada bagian titik urat durian. Tancapkan ujung pisang dengan kedalaman sekitar delapan sampai sepuluh sentimeter.

Jika sudah tertancap. putar gagang pisau. Nantinya akan ada retakan.

Perkebunan durian terbesar di Australia di pinggiran Kota Darwin kini memasuki musim panen. Produksi durian yang dijuluki raja buah ini akan dikirim ke berbagai kota.ABC Indonesia Perkebunan durian terbesar di Australia di pinggiran Kota Darwin kini memasuki musim panen. Produksi durian yang dijuluki raja buah ini akan dikirim ke berbagai kota.

3. Tarik kulit durian pakai jempol

Setelah retakan muncul, tarik kembali pisau. Tarik kulit durian melalui lubang pisau tersebut menggunakan dua jempol.

Dede menyebutkan durian yang sudah matang memiliki kulit yang tidak begitu keras, jadi dapat ditarik dengan tangan kosong.

Baca juga: Durian Disebut Google Buah Nasional Singapura, dari Mana Durian Berasal?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X