Kompas.com - 27/10/2021, 10:03 WIB
Ilustrasi macaron, dessert dari meringue. PEXELS/JILL WELLINGTONIlustrasi macaron, dessert dari meringue.

KOMPAS.com - Macaron adalah kue mungil dengan cita rasa manis dan tekstur yang renyah tetapi lembut dan lumer di dalam.

Cara membuat macaron tidaklah sulit. Bahan dasarnya terbuat dari campuran tepung almond, gula, dan putih telur.

Namun, kamu perlu memperhatikan beberapa hal agar hasilnya tidak berujung gagal. Utamanya, ada pada pembuatan keping macaron agar permukaannya halus.

Baca juga:

Melansir dari buku “Resep Favorit untuk Usaha: Macaron” (2013) oleh Tim Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dan buku “Macarons - Kue Kering Cantik dari Putih Telur” (2013) oleh Yeni Ismayani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ada tips membuat macaron yang mudah diikuti pemula.

1. Pemilihan bahan membuat macaron

Ilustrasi putih telur yang dikocok menjadi meringueDok. Shutterstock Ilustrasi putih telur yang dikocok menjadi meringue

Tips sukses membuat macaron adalah pemilihan bahan membuatnya. Macaron memiliki bahan dasar putih telur, tepung almond, dan gula.

Pastikan, kamu menggunakan ketiga bahan tersebut dengan kualitas yang baik.

Seperti, gunakan putih telur kualitas baik. Biasanya, putih telur yang masih segar ditandai dengan teksturnya yang masih kental atau tidak encer.

Selain itu, penggunaan jenis gula juga menentukan kesuksesan dalam membuat macaron. Gunakan icing sugar atau gula bubuk agar hasilnya memiliki warna yang cerah dan tekstur yang halus.

Kalau kamu menggunakan gula halus jenis kastor, hasil macaron buatanmu memiliki warna kurang cerah dan tekstur sedikit kasar.

2. Gunakan alat bersih untuk mengocok putih telur

Ilustrasi hand mixer untuk mengaduk bahan kue. SHUTTERSTOCK/ANTON CHERNOV Ilustrasi hand mixer untuk mengaduk bahan kue.

Pastikan, kamu menggunakan alat seperti wadah dan mikser dalam keadaan bersih dan kering. Hal ini agar hasil dari putih telur mengembang baik.

Kocok putih telur, gula, dan tepung hingga benar-benar mengental dan halus agar hasilnya sesuai yang diinginkan.

Beri warna pada adonan saat di dalam mangkuk sebelum dimasukkan ke dalam plastik segitiga.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan taburan seperti gula bubuk atau kopi bubuk untuk mewarnai atau menambah tekstur adonan macaron.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.