Kompas.com - 25/10/2021, 14:08 WIB
Ilustrasi putu belanda buatan Sobat Cookpad Lanny N. Fahrully. Dok. Sobat Cookpad Lanny N. Fahrully. Ilustrasi putu belanda buatan Sobat Cookpad Lanny N. Fahrully.

 

KOMPAS.com - Kue putu umumnya terbuat dari tepung beras yang dikukus dalam tabung dan dibalurkan kelapa parut. Namun, ada versi kue putu yang juga menarik yaitu kue putu belanda. 

Resep putu belanda ini banyak beredar di Cookpad, salah satunya dibuat oleh Sobat Cookpad Lanny N. Fahrully. 

Sekilas, putu belanda ini mirip bolu. Namun, bahan-bahan kuenya lebih sederhana dengan tambahan isi vla cokelat. Berikut resep putu belanda dari Lanny N. Fahrully. 

Baca juga:

Resep putu belanda

Bahan: 

  • 150 gr mentega atau margarin
  • 100 gr gula halus
  • 3 kuning telur
  • 20 ml susu cair
  • 150 gr tepung terigu

Bahan vla:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • 150 ml susu cair
  • 10 gr maizena
  • 5 gr coklat bubuk
  • 50 gr gula pasir
  • 50 gr coklat batang

Cara membuat putu belanda

1. Masak vla, campur semua bahan dalam panci dan masak dengan api kecil sampai mencair. Aduk. Barkan vla dingin lalu masukkan ke dalam plastik segitiga. 

2. Lanjutkan membuat adonan putu belanda. Kocok mentega dan gula halus dengan mikser sampai mengembang pucat. Masukkan kuning telur satu per satu, aduk lagi sampai rata. 

3. Masukkan susu cair, aduk. Turunkan mikser ke kecepatan rendah. Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula sampai tercampur rata. 

Baca juga: 4 Bahan Pewarna Hijau Alami untuk Membuat Putu Ayu

4. Masukkan adonan putu belanda ke dalam plastik segitiga. 

5. Semprotkan adonan putu belanda dengan cara melingkar dari bawah ke atas di kertas muffin. Biarkan kosong pada bagian tengahnya. Lalu semprotkan vla cokelat pada bagian tengah. Ulangi sampai adonan habis. 

6. Panggang adonan selama lebih kurang 30 menit dengan suhu 180 derajat Celcius. Jika sudah, keluarkan putu belanda, anginkan, dan santap. 

Baca juga: Resep Putu Ayu untuk Jualan, Hias dengan Meses Cokelat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.