Kompas.com - 22/10/2021, 21:11 WIB
Ilustrasi bolu susu keju. SHUTTERSTOCK/ANJARSARI LAOFIATI PUTRIIlustrasi bolu susu keju.

KOMPAS.com - Sedang ingin mengisi waktu di akhir pekan dengan aktivitas baking? Tidak ada salahnya untuk mengetahui penyebab bolu panggang yang permukaanya retak.

Kepada Kompas.com, Linda Haris selaku pemilik Egso Kitchen di Surabaya, menjelaskan penyebab permukaan bolu retak setelah dipanggang berikut ini.

Baca juga:

Penyebab bolu panggang retak

Menurut Linda, penggunaan api oven yang terlalu besar bisa membuat permukaan bolu menjadi retak.

“Penggunaan api yang terlalu besar, atasnya bisa retak. Sometimes, bagian dalamnya juga masih mentah walau bagian luarnya merekah.” kata Linda kepada Kompas.com pada Kamis (21/10/2010).

Linda menambahkan, ada banyak faktor yang membuat bolu panggang retak. Terutama pada penggunaan suhu dan timing saat proses memanggang bolu.

Salah satu varian bolu bakar di Egso Kitchen, Surabaya.DOK.INSTAGRAM/EGSO_KITCHEN Salah satu varian bolu bakar di Egso Kitchen, Surabaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sebenarnya membuat bolu itu sama saja, cuma beda di takaran bahan saja. Kalau untuk hasil teksturnya seperti apa ya itu kaitannya sama oven.” jelas Linda.

Selain itu, ada penyebab bolu panggang menjadi kering. Itu karena lamanya proses memanggang.

“Bolu kalau kelamaan dipanggang itu hasilnya kering banget. Waktu masih panas sih oke ya hasilnya.” ujar Linda.

Jadi, perlunya untuk mengatur ketepatan suhu dan waktu saat memanggang bolu agar hasilnya tidak retak dan sesuai. Selain itu, perlu adanya trial and error agar mendapatkan suhu dan waktu yang pas.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.