Kompas.com - 21/06/2021, 19:07 WIB
Bagian beranda Museum Gastronomi Indonesia dok. museumgastronomi.idBagian beranda Museum Gastronomi Indonesia

KOMPAS.com – Indonesian Gastronomy Community (IGC) bekerja sama dengan PT. Siji Solusi Digital resmi meluncurkan Museum Gastronomi Indonesia (MGI) pada Kamis (17/6/2021).

MGI merupakan museum virtual yang didedikasikan sebagai sarana dokumentasi kekayaan kuliner Indonesia. MGI menyimpan berbagai informasi mengenai gastronomi Indonesia.

Mulai dari cerita sejarah, asal-usul, proses akulturasi budaya berbagai makanan, hingga deskripsi berbagai jenis kuliner Indonesia.

Baca juga: Museum Gastronomi Indonesia Hadir Virtual di Indonesia

Ketua Umum IGC Ria Musiawan mengatakan bahwa MGI merupakan wujud dari misi IGC yakni melestarikan, memajukan, menguatkan, dan memberdayakan makanan dan minuman Indonesia. 

Tak terkecuali, beserta nilai budaya dan narasi yang terkandung di dalamnya.

“Keberadaan MGI diharapkan bisa mendukung berbagai sektor terkait gastronomi indonesia secara berkelanjutan,” ujar Ria dalam peluncuran MGI yang diadakan secara virtual, Kamis (17/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Zona-zona di Museum Gastronomi Indonesiadok. museumgastronomi.id Zona-zona di Museum Gastronomi Indonesia

“Terlebih dengan program yang diusung oleh pemerintah indonesia saat ini yaitu Indonesia spice up the world untuk mensosialisasikan lima kuliner unggulan di kancah internasional," kata Ria.

Lima makanan tersbut yakni rendang, soto, nasi goreng, sate, dan gado gado.

Kini, MGI sudah bisa diakses melalui alamat situs museumgastronomi.id.

Total ada tujuh zona yang terdapat di situs tersebut, masing-masing dibalut dengan teknologi animasi tiga dimensi serta pengalaman tampilan 360 derajat yang unik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X