Kompas.com - 10/06/2021, 14:12 WIB
Ilustrasi nugget ayam rumahan. Dok. Pixabay/HansbennIlustrasi nugget ayam rumahan.

KOMPAS.com - Nugget ayam merupakan produk cepat saji yang berhasil menjadi favorit banyak orang.

Melansir History.com, seorang ilmuwan pertanian Robert C. Baker dari Cornell University mengembangkan nugget ayam pada 1963 yang disebut Chicken Stick. 

Sajian ini adalah daging ayam dilapisi tepung roti, dapat langsung digoreng atau dibekukan dengan mudah.

Nugget ayam pada dasarnya adalah makanan asal Amerika Serikat yang mudah diproduksi secara massal dan sumber protein yang cepat. 

Makanan ini juga tidak mudah rusak, sehingga dapat dimakan saat bepergian.

Baca juga: Resep Chiken Nugget ala McDonalds, untuk yang Belum Kebagian BTS Meal

Nugget ayam bukan satu-satunya produk unggas yang Baker kembangkan selama karirnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Turkey Ham dan Chicken Hot Dogs merupakan produk unggas yang turut Baker kembangkan dan bisa membantu memperluas industri unggas Amerika Serikat.

“Robert C. Baker adalah penemu produk dari perubahan yang terjadi di dunia unggas dan pendorong perubahan itu,” kata Antropolog Steve Striffler, penulis buku "Chicken: The Dangerous Transformation of America's Favorite Food."

Baca juga: Bagaimana Rasa BTS Meal Menurut ARMY?

“Para pemimpin industri dengan cepat menyadari bahwa keuntungan tidak akan datang dari memproduksi lebih banyak ayam, tetapi dengan berbuat lebih banyak untuk ayam," katanya. 

Inovasi Baker dalam membuat potongan daging ayam tanpa kulit dan membungkusnya dengan tepung dinilai mampu memecahkan dua masalah utama.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X