Kompas.com - 20/05/2021, 16:37 WIB
Ilustrasi kaldu ikan dalam stoples kaca. SHUTTERSTOCK/FROM MY POINT OF VIEWIlustrasi kaldu ikan dalam stoples kaca.

KOMPAS.com - Kaldu membuat masakan menjadi lebih nikmat. Bukan cuma kaldu sapi dan ayam, kamu dapat membuat kaldu dari tulang dan kepala ikan.

Kamu dapat menggunakan macam-macam ikan untuk kaldu seperti tenggiri dan salmon. Kaldu ikan bisa untuk berbagai makanan termasuk campuran MPASI.

Buku "Masakan Selera Indonesia Rendah Kolestrol" oleh Hiang Murahimin terbitan Gramedia Pustaka Utama membagikan cara bikin kaldu ikan seperti berikut.

Baca juga: Cara Membuat Kaldu Ayam Jernih, Pakai Sisa Tulang

Resep kaldu ikan

Bahan (1.500 ml)

  • 1 kg tulang/kepala/sisa daging ikan
  • 1 buah bawang bombai, belah
  • 1 daun bay leaf (bisa ganti daun salam)
  • 1 batang peterseli
  • 1 batang daun bawang
  • 1 cm jahe, memarkan
  • 1.750 ml air

Baca juga: 4 Cara Membuat Kaldu Sapi Umami, Bikin Sup Lebih Lezat

Ilustrasi kaldu dari kepala dan tulang ikan. SHUTTERSTOCK FROM MY POINT OF VIEW Ilustrasi kaldu dari kepala dan tulang ikan.

Cara membuat kaldu ikan jernih dan gurih

  1. Masukkan tulang ikan, bawang bombai, dan bay leaf dalam panci. Tambahkan peterseli, daun bawang, dan jahe. Tuang air. Rebus sembari angkat buih yang timbul.
  2. Setelah mendidih, kecilkan api. Didihkan lagi perlahan selama 15 menti. Jangan masak lebih dari 30 menit, sebab kaldu jadi terasa kurang gurih. Angkat dan saring.
  3. Setelah dingin, masukkan ke dalam kantung plastik berukuran 250-500 mililiter, atau sesuai kebutuhan. Simpan dalam freezer. Kaldu bisa tahan sampai 30 hari.

Baca juga: Cara Membuat Kaldu Jamur Bubuk Non MSG Pakai Oven, Bisa dari Jamur Tiram

Buku "Masakan Selera Indonesia Rendah Kolestrol" oleh Hiang Murahimin terbitan Gramedia Pustaka Utama tersedia online di Gramedia.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.