Kompas.com - 13/08/2020, 12:12 WIB
Ilustrasi membuat kaldu ayam Shutterstock/PinkyoneIlustrasi membuat kaldu ayam


KOMPAS.com – Memiliki stok kaldu ayam di rumah bisa dibilang sebuah kebutuhan yang penting. Kaldu ayam cair bisa diolah menjadi aneka makanan praktis karena sudah menyimpan rasa yang kuat.

Bagi kamu yang sering membuat mpasi juga sangat bisa memanfaatkan kaldu ayam buatan rumah.

Baca juga: Cara Tepat Bikin Kaldu Kepala Udang, Bisa Buat Kuah Tom Yum

Membuat kaldu ayam di rumah tidak sulit karena dibuat dari bahan-bahan yang mudah diperoleh, yakni sisa tulang ayam, dan beberapa jenis sayuran.

Executive Chef The Groves Suites by Grand Aston, Agung Budiharto memberikan beberapa cara untuk membuat kaldu ayam atau chicken stock yang baik dan kaya rasa.

Rebus tulang ayam

“Tulang ayam kita rebus dulu untuk menghilangkan darahnya. Terus kita cuci bersih,” kata Agung dalam program #MasakdiRumahAja di Live Instagram @kompas.travel, Rabu (12/8/2020).

Tulang ayam yang sudah dipotong-potong, kemudian direbus sebentar dengan air mendidih. Ketika kotoran dan darah yang menempel pada ayam sudah hilang dan mengambang di air rebusan, angkat ayam lalu cuci bersih dan sisihkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Langkah ini juga bisa membuat kaldu yang kamu masak nantinya jadi lebih jernih.

ilustrasi kaldu ayamShutterstock ilustrasi kaldu ayam

Gunakan sayuran

Setelah itu, panaskan panci baru yang bersih. Tuang sedikit minyak, lalu tumis sayuran dengan minyak.

Agung menyarankan untuk menggunakan bawang bombai, daun bawang, seledri, dan wortel yang dipotong kasar.

Setelah ditumis sebentar, tuang air secukupnya. Baru masukkan tulang ayam yang sudah direbus dan dicuci tadi.

Rebus perlahan

Langkah terakhir adalah merebus tulang ayam dan sayuran tadi menggunakan api kecil. Penggunaan api kecil ini akan membiarkan ayam dan sayuran mengeluarkan rasa yang benar-benar kuat secara perlahan.

“Itu chicken stock prosesnya memang agak lumayan. Bikin (kaldu ayam) sekitar 1-2 jam. Bagusnya sih 4 jam ya. Jadi benar-benar simmering (memasak dengan api kecil), nanti kita akan dapat kaldu yang benar-benar bagus,” pungkas Agung.

Setelah kaldu selesai dimasak, matikan api lalu saring tulang ayam dan sayuran agar kaldu jernih. Kamu bisa menyimpan kaldu ini sebagai stok persiapan memasak di esok hari.

Simpan kaldu dalam wadah tertutup kedap udara dalam chiller lemari es agar awet.

Baca tentang


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X