Kompas.com - 20/05/2021, 15:16 WIB
Mie Kocok khas Bandung Dok. SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJOMie Kocok khas Bandung

KOMPAS.com – Mi kocok merupakan salah satu sajian khas Bandung yang populer dan sering dicari oleh para wisatawan kala berkunjung ke sana.

Di Bandung banyak tersebar tempat makan mi kocok yang enak dan sayang untuk dilewatkan. Beberapa di antaranya bahkan masuk kategori legendaris karena telah ada sejak puluhan tahun lalu.

Berikut ini tempat makan mi kocok enak di Bandung seperti dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber:

Baca juga: 15 Tempat Makan Seblak di Bandung, Isinya Melimpah dan Pedasnya Nikmat

Mih Kocok? Mang Dadeng, tempat makan mie kocok di Jalan Banteng (KH.Ahmad Dahlan) No. 67 ini memiliki ciri khas di bumbu spesial yang merupakan rahasia keluarga. Ada 27 bumbu rempah yang digunakan.KOMPAS.com/Agie Permadi Mih Kocok? Mang Dadeng, tempat makan mie kocok di Jalan Banteng (KH.Ahmad Dahlan) No. 67 ini memiliki ciri khas di bumbu spesial yang merupakan rahasia keluarga. Ada 27 bumbu rempah yang digunakan.

1. Mie Kocok Persib

Seperti namanya, Mie Kocok Persib memang terletak di kawasan Stadion Persib. Tepatnya di Jalan Ahmad Yani, nomor 262, Kota Bandung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mie Kocok Persib termasuk salah satu yang legendaris, karena telah berdiri sejak 1963.

Satu mangkuk mi kocok berisi mi gepeng, taoge, kikil, serta potongan tulang iga dan kaki sapi yang kenyal serta gurih benar-benar terasa sedap.

Penambahan taburan seledri dan bawang goreng, serta perasan jeruk nipis, sambal, dan kecap akan benar-benar menambah kelezatan mi kocok ini.

Baca juga: Resep Soto Bandung, Soto Sapi Kuah Bening Cocok untuk Makanan Sahur

Berbeda dari tempat lain, sang penjual memang menggunakan tulang iga dalam mi kocok buatannya. Kamu akan sulit menemukan mi kocok lain yang menggunakan bahan tersebut.

Mie Kocok Persib buka setiap hari pukul 10.00-16.00 WIB. Harga mi kocok di sini cukup standar, yakni sekitar Rp 25.000 – Rp 43.000 per porsinya.

Mie Kocok Persib, salah satu mie legendaris di Kota Bandung.KOMPAS.com/Agie Permadi Mie Kocok Persib, salah satu mie legendaris di Kota Bandung.

2. Mie Kocok Karapitan

Mie Kocok Karapitan terletak di Jalan Karapitan Nomor 90, Cikawao, Lengkong, Kota Bandung. Kedai ini juga termasuk salah satu yang legendaris karena telah ada sejak 1979.

Tempat ini punya area yang tidak terlalu luas, tapi tetap nyaman. Kedai Mie Kocok Karapitan buka setiap hari pukul 07.30-17.30 WIB.

Ada ragam varian mi kocok yang bisa kamu nikmati. Ada mi kocok biasa, baso, hingga kaki spesial.

Mi kocok di sini lebih enak jika dimakan bersama kerupuk merah. Harganya cukup terjangkau, sekitar Rp 27.000 – Rp 50.000 per porsinya.

Baca juga: 15 Ayam Bakar Enak di Bandung yang Bumbunya Meresap hingga ke Tulang

Mih Kocok? Mang Dadeng, tempat makan mie kocok di Jalan Banteng (KH.Ahmad Dahlan) No. 67 ini memiliki ciri khas di bumbu spesial yang merupakan rahasia keluarga. Ada 27 bumbu rempah yang digunakan.KOMPAS.com/Agie Permadi Mih Kocok? Mang Dadeng, tempat makan mie kocok di Jalan Banteng (KH.Ahmad Dahlan) No. 67 ini memiliki ciri khas di bumbu spesial yang merupakan rahasia keluarga. Ada 27 bumbu rempah yang digunakan.

3. Mih Kocok Mang Dadeng

Mi kocok yang satu ini terletak di Jalan Banteng (KH Ahmad Dahlan) Nomor 67. Tempat ini buka setiap hari pukul 09.00 – 22.00 WIB.

Konon katanya, mi kocok di sini dibuat menggunakan 27 macam bumbu rempah spesial yang merupakan rahasia keluarga.

Harga mi kocok di sini masih cukup terjangkau, mulai dari Rp 25.000 – Rp 47.000. Tergantung ukuran porsi yang dipilih, apakah kecil atau besar dan juga topping yang digunakan.

Tempatnya sendiri memang tak terlalu besar, tetapi tetap cukup nyaman. Jika tak ingin kehabisan, sebaiknya datang sebelum sore hari. Mi kocok akan cepat habis khususnya di hari libur.

Penyajian mi kocok di sini cukup unik, kamu bisa memilih tambahan sum-sum yang gurih di dalamnya. Selain itu, ada pula potongan kikil yang kenyal serta tebal.

Mih Kocok Mang Dadeng telah ada sejak tahun 1970-an. Saat itu Ki Usma, yang merupakan ayah pak Dadeng sang pemilik kedai, masih menawarkan mi kocoknya dengan cara berkeliling.

Baca juga: Cara Masak Kikil agar Empuk dan Tidak Bau, Bekal Bikin Soto dan Gulai

Mie Kocok SKM, salah satu warung mie kocok yang harus dikunjungi saat berkunjung ke Bandung. Yang unik adalah rasa dan warna kuahnya yang agak kuning karena berbagai rempah yang menjadi andalannya.KOMPAS.com/Agie Permadi Mie Kocok SKM, salah satu warung mie kocok yang harus dikunjungi saat berkunjung ke Bandung. Yang unik adalah rasa dan warna kuahnya yang agak kuning karena berbagai rempah yang menjadi andalannya.

4. Mie Kocok SKM

Sedikit berbeda dari mi kocok yang lain, Mie Kocok SKM menyajikan mi kocok dengan kuah yang berwarna agak kuning.

Hal tersebut berasal dari bumbu rempah-rempah yang digunakan. ada campuran ebi, kunyit, serta ketumbar di dalamnya. Rasanya sendiri mirip seperti soto.

Mie Kocok SKM telah berdiri sejak tahun 1970-an. Pertama kali dimulai oleh Sukirman, ayah Ponijah yang kini memegang kedai mi kocok tersebut.

Mie Kocok SKM terletak di Jalan Sunda Nomor 38, Kota Bandung. Kedai ini buka setiap hari pukul 11.00-20.00 WIB. Harga setiap porsi mi kocok di kedai ini yakni Rp 25.000 – Rp 35.000.

Baca juga: 5 Ide Resep Jeroan, Kikil, dan Kulit Sapi

5. Mie Kocok H. Amsar

Kedai mi kocok ini termasuk salah satu yang legendaris di Bandung. Walaupun tempatnya kecil dan sederhana, tetapi tempat ini selalu ramai didatangi pembeli.

Kuah mi kocoknya juga sedikit unik, warnanya putih dan sedikit berminyak. Selain itu ada pula tambahan topping urat yang bisa kamu kombinasikan. Harganya mulai dari Rp 30.000 per porsi.

Mie Kocok Cepay, salah satu mie legendaris Kota Bandung. Sudah eksis sejak tahun 1979.KOMPAS.com/Agie Permadi Mie Kocok Cepay, salah satu mie legendaris Kota Bandung. Sudah eksis sejak tahun 1979.

6. Mie Kocok Cepay

Mie Kocok Cepay ini dimiliki oleh sosok Haji Mamat Rohman. Kedai ini merupakan salah satu kedai mi kocok legendaris di Bandung karena telah dirintis sejak tahun 1979 lalu.

Salah satu keunikan Mie Kocok Cepay adalah menggunakan bara api untuk menghangatkan mi-nya. Fungsinya agar kaldu dan aromanya lebih kental serta terasa lebih sedap.

Mie Kocok Cepay terletak di kawasan GOR Pajajaran, Pasir Kaliki, Cicendo, Bandung dan buka setiap hari pukul 06.00 – 13.00 WIB. Harganya mulai dari Rp 30.000 – Rp 37.000 per porsinya.

Baca juga: Resep Mi Kocok Kaki Sapi Khas Bandung, Pilihan Masakan Idul Adha

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.