Kompas.com - 16/05/2021, 22:12 WIB
Ilustrasi daging ikan cincang. SHUTTESTOCK/ Norberto MarquesIlustrasi daging ikan cincang.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Pempek yang lembut dan halus lebih nikmat saat disantap. Sebab, tidak ada tulang atau daging yang gerindil. 

Guna mendapatkan tekstur pempek yang lembut, daging ikan harus dihaluskan dengan benar.

Cara menghaluskan daging ikan untuk pempek cukup mudah. Bisa pakai blender, pirikan ikan, atau dicincang manual saja. 

Baca juga: Resep Pempek Ikan Lele, Ekonomis dan Tetap Enak

Berikut cara menghaluskan daging ikan untuk pempek mengutip dari "21 Resep Step By Step Sukses Bikin Pempek" oleh Dapur Kirana terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

1. Filet ikan terlebih dulu 

ilustrasi fillet ikanPIXABAY/ZO ilustrasi fillet ikan

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum dihaluskan, ikan harus difilet terlebih dulu. Caranya, buang kepala ikan lalu selipkan pisau di antara daging dan tulangnya. 

Gerakkan pisau ke arah belakang sampai daging terlepas dari tulangnya. Bersihkan sisa-sisa tulang ikan dengan menggunakan pinset atau penjepit kecil. 

Baca juga: 4 Cara Bersihkan Ikan Segar, dari Sisik sampai Insang

2. Gunakan pirikan ikan 

Pirikan ikan berbentuk seperti mangkuk dengan lubang-lubang di bawahnya. Pirikan ikan dapat membantu menghaluskan ikan dengan mudah. 

Untuk penggunaannya, letakkan piringan di atas ikan filet. Kemudian, tekan dari atas sambil sedikit ditarik ke belakang sampai daging ikan keluar. Lakukan hingga daging ikan habis. 

Baca juga: Cara Membuat Pempek Beku buat Stok Lauk Siap Pakai

Penggunaan pirikan dapat membuat tekstur daging lebih halus dan lengket, sehingga ketika diadoni, ikan menjadi kalis dan kenyal. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X