Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Haluskan Ikan untuk Bikin Pempek, Hasilnya Lembut dan Halus

KOMPAS.com - Pempek yang lembut dan halus lebih nikmat saat disantap. Sebab, tidak ada tulang atau daging yang gerindil. 

Guna mendapatkan tekstur pempek yang lembut, daging ikan harus dihaluskan dengan benar.

Cara menghaluskan daging ikan untuk pempek cukup mudah. Bisa pakai blender, pirikan ikan, atau dicincang manual saja. 

Berikut cara menghaluskan daging ikan untuk pempek mengutip dari "21 Resep Step By Step Sukses Bikin Pempek" oleh Dapur Kirana terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Sebelum dihaluskan, ikan harus difilet terlebih dulu. Caranya, buang kepala ikan lalu selipkan pisau di antara daging dan tulangnya. 

Gerakkan pisau ke arah belakang sampai daging terlepas dari tulangnya. Bersihkan sisa-sisa tulang ikan dengan menggunakan pinset atau penjepit kecil. 

2. Gunakan pirikan ikan 

Pirikan ikan berbentuk seperti mangkuk dengan lubang-lubang di bawahnya. Pirikan ikan dapat membantu menghaluskan ikan dengan mudah. 

Untuk penggunaannya, letakkan piringan di atas ikan filet. Kemudian, tekan dari atas sambil sedikit ditarik ke belakang sampai daging ikan keluar. Lakukan hingga daging ikan habis. 

Penggunaan pirikan dapat membuat tekstur daging lebih halus dan lengket, sehingga ketika diadoni, ikan menjadi kalis dan kenyal. 

Cara menghaluskan ikan yang paling mudah ialah dengan menggunakan blender. Ikan yang digiling dengan blender atau food processor  hasilnya lebih lembut dan halus. 

Untuk menghaluskannya, cukup masukkan ikan fillet ke dalam blender, lalu proses hingga lembut. Kemudian, campur ikan giling dengan bahan lainnya. 

Ada cara menghaluskan ikan tanpa blender yang bisa kamu praktikkan, yakni dengan mencincangnya. 

Sebelum dicincang, pastikan ikan benar-benar bersih dari tulang dan kulitnya agar tidak mengganggu saat dimakan. Jadi, tidak ada sisa tulang yang menusuk area mulut. 

Gunakan pula pisau tajam berukuran agak besar supaya lebih mudah saat mencincang. 

Buku "21 Resep Step By Step Sukses Bikin Pempek" oleh Dapur Kirana terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com

https://www.kompas.com/food/read/2021/05/16/221200275/4-cara-haluskan-ikan-untuk-bikin-pempek-hasilnya-lembut-dan-halus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke